Breaking News

Update 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Gerbangindonesia.org – Update 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil. Hidup menikah tidak akan pernah terpisah dari masalah keuangan, benar, saudara? Mengelola keuangan rumah tangga bukanlah masalah yang mudah. Perencanaan dan manajemen yang baik diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Namun, terkadang ada masalah. Selain itu, banyak faktor yang dapat mempengaruhi keuangan rumah.

Suami dan istri memiliki tanggung jawab yang sama dalam pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, komunikasi yang baik akan sangat berguna untuk menghilangkan beban satu sama lain. Selain itu, ada beberapa cara untuk mengelola keuangan domestik yang dapat diterapkan di rumah sehingga semua kebutuhan dipenuhi bahkan dengan gaji kecil. Lihatlah yang berikut, saudara!

Keuangan adalah faktor perceraian paling kedua

Update 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Apakah Jugan tahu bahwa faktor keuangan adalah penyebab perceraian kedua lebih setelah perselisihan? Ya, menurut statistik Indonesia 2020, ada beberapa faktor yang menyebabkan perceraian di Indonesia. Di antaranya adalah karena perselisihan, keuangan, meninggalkan salah satu partai, kekerasan dalam rumah tangga, poligami. Faktor keuangan menempati tempat kedua dengan jumlah kasus yang mencapai 71.194 pada tahun 2020.

Faktor – faktor keuangan ini dapat mencakup beberapa pengeluaran, seperti biaya dasar harian, pendidikan, faktur dan kebutuhan lainnya. Ketika pasangan tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka, mereka umumnya dapat memicu perselisihan yang akhirnya menyebabkan perceraian.

Ini bisa terjadi, terutama ketika seorang suami tidak dapat memberikan kehidupan kepada keluarganya dengan benar karena gajinya cukup kecil, sedangkan biaya meningkat. Misalnya, harga makanan dasar melonjak, harga bahan bakar terus menyeret, tarif kuliah yang tidak murah, dll.

10 Cara Mengelola Keuangan Rumah

Untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga, majikan harus menemukan cara untuk mengelola keuangan domestik dengan gaji 4 juta, 3 juta, 1 juta atau bahkan dengan bijak. Nah, 10 cara mengelola keuangan domestik dengan gaji kecil akan dirangkum di bawah ini.

READ ALSO   Ditinggalkan Begitu saja Oleh Suami, Ningsih Harus Berjuang Seorang diri Demi Empat Anaknya yang masih Kecil

1. Memahami Kondisi Keuangan

Sebagai langkah pertama, majikan harus dapat memahami kondisi keuangan rumah Juragan. Hitung semua aset atau aset properti. Properti ini dapat dalam bentuk uang, perhiasan, tabungan, tanah, bangunan, kendaraan atau produk yang dapat dijual di masa depan dengan nilai yang cukup tinggi.

Jika Anda memiliki properti atau aset seperti yang ditunjukkan di atas, Anda harus memperhitungkan baik dalam buku harian inventaris atau buku catatan biasa. Ini bertujuan untuk mengumpulkan information sehingga kapten dapat mengetahui dan memahami dengan tepat kondisi keuangan rumah Juragan.

Jika ada, Skipper juga dapat mendaftarkan utang properti, itu bisa dalam bentuk pinjaman uang atau pembelian kredit. Kemudian bandingkan absolute aset yang dimiliki oleh utang yang ada. Jika absolute aset jauh lebih besar dari hutang, maka dapat dikatakan bahwa keuangan majikan dalam kondisi baik.

Ini juga memperhitungkan gaji suami atau istri. Misalnya, jika gaji yang diperoleh adalah 3 juta setiap bulan, pemberi kerja harus menemukan cara untuk mengelola keuangan rumah dengan gaji 3 juta sambil memesan untuk membayar hutang.

2. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan

Kemudian, Skipper harus menentukan apa kebutuhan itu dan apa yang hanya merupakan keinginan. Memisahkan kebutuhan dan keinginan adalah cara menangani keuangan rumah agar tidak sia – sia.

Kebutuhannya adalah hal – hal yang harus dipenuhi untuk memfasilitasi kegiatan sehari – hari, seperti makanan, listrik, air, transportasi dan web. Hal – hal ini harus dipenuhi untuk menjadi kebutuhan prioritas.

Sementara itu, keinginan agak lebih tersier dan bertujuan sebagai hiburan atau kesenangan sejenak. Misalnya, beli produk mewah, perjalanan, dan liburan. Secara umum, hal – hal seperti ini selalu digunakan sebagai alasan penyembuhan atau kontrol diri, tetapi sebenarnya itu adalah buang – buang uang.

Tidak masalah jika Anda sesekali memenuhi keinginan Anda, karena kadang – kadang penyembuhan atau pengontrol diri diperlukan. Namun, Skipper harus terus memprioritaskan kebutuhan pertama sebelum keinginan sehingga keuangan rumah terus bekerja secara ideal.

3. Buat rencana pengeluaran

Membuat rencana pengeluaran adalah salah satu cara efektif berikutnya untuk mengelola keuangan rumah. Misalnya, Skipper memiliki gaji tetap 2 juta, dari sana, kapten harus memiliki cara mengelola keuangan domestik dengan gaji 2 juta. Salah satunya dapat menggunakan sistem 10: 20: 30: 40.

READ ALSO   Pasar Kripto Bergejolak, Simak Tips untuk Investor Pemula

Hingga 40% dari 2 juta penggunaan untuk biaya rumah tangga, 30% untuk kuota utang, 20% untuk menghemat atau berinvestasi, kemudian memisahkan sisa 10% untuk biaya sosial. Saat menerapkan recipe untuk mengatur keuangan rumah tangga seperti ini, gaji 2 juta yang diterima majikan dapat ditetapkan untuk semua kebutuhan.

4. Catat biaya yang withering terperinci

Cara mengelola keuangan rumah sehingga bukan pemborosan bahwa selanjutnya adalah mendaftarkan semua pengeluaran yang withering rinci. Undang pasangan untuk mendaftarkan sirkulasi keuangan secara rinci, mulai dari pendapatan, pengeluaran, saldo dan semua bentuk anggaran. Dengan cara ini, keuangan rumah dapat dipantau secara ideal.

5. Jangan lupa dana darurat

Hal penting yang terkadang diabaikan oleh banyak orang adalah alokasi uang untuk dana darurat. Dana darurat penting untuk kebutuhan darurat di masa depan yang berada di luar rencana, misalnya, jika tiba – tiba sakit atau PC untuk pekerjaan rusak. Cukup cadangan 10-30% dari complete pendapatan, tetapi terus lakukan. Jadi, meskipun disimpan, Anda masih harus memesan dana khusus untuk tujuan yang tidak terduga, ya, saudara!

6. Jaga jumlah utang

Agar keuangan rumah tetap stabil, Anda harus mempertahankan jumlah properti yang dimiliki. Hutang kadang – kadang harus dilakukan untuk kebutuhan dasar yang tidak dapat dipenuhi dalam waktu dekat, seperti pengiriman di rumah, misalnya.

Sebaliknya, jaga jumlah utang majikan dengan menerapkan rasio 30% dari absolute properti. Pastikan jumlah faktur utang tidak melebihi 30% dari pendapatan, karena jika melebihi itu, keuangan rumah pasti akan terganggu. Misalnya, bagaimana mengelola keuangan dengan gaji 1 juta dan ada faktur utang, sehingga jumlah utang majikan tidak boleh lebih dari Rp300 ribu.

7. Tetapkan dana untuk tabungan dan investasi

Selain memesan uang untuk dana darurat, Skipper juga perlu memberikan beberapa persen dari pendapatan untuk menabung atau berinvestasi. Tabungan jelas bermanfaat untuk kebutuhan saat ini dan masa depan. Demikian pula dengan investasi yang dapat menjamin usia tua nanti. Ketika Skipper memiliki pendapatan 7 juta, cara mengelola keuangan rumah dengan gaji 7 juta dapat ditugaskan half untuk dihemat. Oleh karena itu, kapten dapat secara rutin menghemat RP3,5 juta per bulan.

8. Keluarga Perlindungan Asuransi

Kesehatan penting bagi keluarga, oleh karena itu, melindungi keluarga Juragan, misalnya, membeli produk asuransi kesehatan. Jika ia memiliki asuransi kesehatan, majikan dan mitranya pasti akan mendapatkan perlindungan keuangan jika ada risiko kesehatan suatu hari nanti.

READ ALSO   3 Tips Bagaimana Cara Untuk Tetap Konsisten Menang Dalam Trading Forex

Demikian pula, dengan asuransi jiwa yang dapat digunakan untuk mengganti nilai aset, memberikan jaminan untuk ahli waris, memaksimalkan pensiun dan mengganti aliran pendapatan untuk pasangan yang hidup. Jangan khawatir jika gaji majikan cukup kecil, karena sekarang ada banyak opsi produk asuransi dengan harga terjangkau.

9. Kurangi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit sebenarnya adalah salah satu layanan keuangan yang tampaknya “memuaskan” karena semua barang dapat dibeli dengan mudah. Jika Anda dapat mengelolanya dengan bijak, kartu kredit dapat memberikan manfaat besar. Namun, jika digunakan dengan ceroboh, kartu kredit dapat membuat pola terperangkap dalam hutang jangka panjang. Belum lagi bunga dan tarif administrasi yang dibebankan pada kartu kredit.

Kartu kredit sebenarnya adalah salah satu layanan keuangan yang tampaknya “memuaskan” karena semua barang dapat dibeli dengan mudah. Jika Anda dapat mengelolanya dengan bijak, kartu kredit dapat memberikan manfaat besar. Namun, jika digunakan dengan ceroboh, kartu kredit dapat membuat pola terperangkap dalam hutang jangka panjang. Belum lagi bunga dan tarif administrasi yang dibebankan pada kartu kredit. Karena itu, Anda harus mengurangi penggunaan kartu kredit jika tidak perlu.

10. Lakukan evaluasi keuangan reguler

Melakukan evaluasi keuangan adalah cara yang sangat efektif untuk mengelola keuangan rumah tangga. Selain menghindari limbah, metode ini juga dapat membuat kapten dan pasangan lebih baik memberikan keuangan di waktu berikutnya. Captain dapat mengevaluasi keuangan keluarga setiap bulan, mingguan, bahkan setiap hari, tergantung pada kebutuhannya.

Undang pasangan Anda untuk membuat simulasi keuangan rumah sebelumnya. Misalnya, jumlah pendapatan dan pengeluaran disertai dengan evaluasi bulan sebelumnya. Dengan begitu, Juragan tahu hal – hal apa yang harus ditingkatkan sehingga cara selanjutnya mengelola keuangan domestik bisa lebih baik.

Selain keuangan domestik, keuangan komersial juga merupakan sesuatu yang penting, Anda tahu! Ayo, atur bisnis majikan dengan cepat dan praktis dengan Bookwarung. BookWarung memiliki banyak karakteristik rekaman keuangan penuh. Selain itu, ada karakteristik lain, seperti akuntansi, laporan keuangan dan banyak lagi. Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi BookWarung di Play Store atau App Store!

Check Also

Strategi Mengatasi Ancaman Kredit Bermasalah

Strategi Mengatasi Ancaman Kredit Bermasalah

gerbangindonesia.org – Strategi Mengatasi Ancaman Kredit Bermasalah. Menjelang akhir artikel tentang bank yang diboikot dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.