Tips Memilih Bibit Tanaman Buah yang Bagus

Tips Memilih Bibit Tanaman Buah yang Bagus

Gerbangindonesia.org – Tips Memilih Bibit Tanaman Buah yang Bagus. Bibit yang bagus menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika Anda ingin bertanam, begitu joke bertanam tanaman buah. Saat ini sudah banyak penjual bibit tanaman buah yang bisa Anda jumpai, tetapi tidak semua bibit tanaman buah yang dijual bagus dibudidayakan. Sayangnya, pemula atau orang awam masih kesulitan membedakan bibit yang bagus dengan bibit yang kurang bagus.

Bibit Tanaman Buah yang Bagus

Cara mudah untuk mendapatkan bibit yang bagus adalah dengan membeli bibit bersertifikat pada pembibit yang juga memiliki sertifikat. Pada dasarnya bibit yang bagus memiliki beberapa kriteria tertentu. Berikut ini cara memilih bibit tanaman buah yang bagus.

READ ALSO   Perbedaan Kriminologi Dengan Hukum Pidana

Teknik perbanyakan tanaman

Umumnya, bibit yang dijual merupakan hasil perbanyakan vegetatif karena pertumbuhan bibit lebih terjamin. Bibit vegetatif mudah dibedakan dari bibit generatif karena bibit vegetatif memiliki ciri khas.

Bibit cangkokan dapat dikenal dengan melihat bentuk tajuk tanaman. Kalau percabangannya banyak dan sosok penampilannya lebih pendek dibanding bibit biji yang berumur sama dan dalam kondisi yang sama pula, bibit tersebut merupakan bibit hasil cangkokan.

Adapun bibit okulasi bisa diketahui dengan cara melihat adanya bekas tempelan di bagian batang. Demikan pula untuk bibit sambungan, juga dikenali dengan adanya bekas sambungan. Sementara itu, bibit susuan dikenal dengan adanya dua luka bekas pemotongan batang, yaitu bekas pemotongan batang atas dan batang bawah. Bekas sambungan bisa dilihat jelas, yaitu persinggungan dua batang yang saling berlawanan arah.

READ ALSO   Memahami Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berkebutuhan Khusus

Tampilan fisik bibit

Tampilan fisik bibit juga dapat menggambarkan kualitas bibit. Bibit yang dipilih sebaiknya memiliki bentuk tampilan fisik yang sesuai dengan bentuk tajuk yang diinginkan. Pertumbuhan batang, cabang, dan daun perlu diperhatikan pula. Pilih bentuk cabang dan batang yang baik, yakni mulus, kokoh, dan tingginya sesuai umur bibit. Sosok tanaman tidak terlalu pendek atau terlalu tinggi. Batang pokok lurus, tumbuh tegak. Percabangan merata, tumbuh ke segala arah. Tajuk berdaun rimbun, segar.

READ ALSO   Anggrek Vanda Mampu Mekar Lebih Lama

Bibit yang baik, kondisinya sehat, kulit batang mulus. Kalau bibit berasal dari sambungan atau okulasi, bekas sambungan atau tempelannya tidak terbuka.

Kalau pada daun dan batang bibit terdapat bercak atau berlubang-lubang, kemungkinan bibit sudah terserang hama, cendawan, bakteri, atau penyakit lain. Bibit semacam ini jangan dipilih karena tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *