Tips Aman Bertransaksi dengan Kode QR

gerbangindonesia.org – Tips Aman Bertransaksi dengan Kode QR. Tindak penipuan atau kecurangan dapat berlangsung didalam metode pembayaran apapun, terhitung pembayaran digital yang mengenakan kode respons cepat atau QR Code.

Belakangan, tersedia cerita seorang kasir suatu restoran ditipu oleh konsumen yang mengaku udah mentransfer bersama dengan jumlah yang terlampau segudang.

Tagihan Rp 90.000, dianggap dibayar sebesar Rp 900.000, atau ia sebut keistimewaan 0 selagi menekan nominal pembayaran.

Kasir pun didesak untuk mengembalikan selisih yang bukan sengaja ia transfer tersebut bersama uang tunai.

Sehabis permintaanya dituruti oleh kasir, pihak manajemen restoran menemukan bukti bahwa si konsumen ternyata bukan dulu lakukan pengiriman atau transfer dana serupa sekali, bahkan bersama dengan besaran layaknya yang ia sampaikan.

“Padahal dia ga transfer apa-apa. Bukti transfernya editan dong. Buat teman-teman yang mempunyai bisnis dan di kasirnya tersedia QR Code, waspada ya,” tulis pesan di dalam berita yang diunggah di keliru satu akun media sosial tersebut.

READ ALSO   10 Manfaat Hidroponik, Pahami Juga Pengetian, Cara Kerja dan Kelemahannya

Pembayaran bersama dengan QR Code

Untuk diketahui, pembayaran mengenakan metode QR Code sesungguhnya bertujuan untuk memudahkan seluruh pihak yang terlibat didalam transaksi.

Kedua pihak bukan kembali harus memegang uang tunai, kartu debit/kredit, memasukkan Pin, dan sebagainya, dikarenakan QR Code yang dibuat udah terasosiasi bersama akun rekening atau dompet digital eksklusif.

Seseorang yang akan laksanakan pembayaran memadai memindai kode QR yang tersedia di area yang ia kunjungi dan dapat segera laksanakan transaksi kenakan pelaksanaan di ponselnya.

Masukkan jumlah nominal yang perlu dibayarkan, lalu konfirmasi pembayaran. Lantas menunjukkan bukti pembayaran kepada pihak penerima.

READ ALSO   Video Bokeh Museum xxnamexx mean xxii xxiii xxiv Jawa Barat Terbaru

Transaksi pun selesai hanyalah bersama memindai kode yang ada bersama dengan kenakan ponsel.

Tips kondusif transaksi bersama QR Code

Tips Aman Bertransaksi dengan Kode QR

Pakar di bidang Teknologi Kabar menyebut penipuan di dalam ranah ini sesungguhnya bukan berbeda jauh bersama dengan penipuan kenakan tautan atau link terhadap mesin perambah (Browser).

“Penipuan bersama QR Code mirip konsepnya layaknya penipuan bersama link terhadap browser, cuman beda media,” kata Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret (Uns), Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, Kamis (21/7/2022).

Ia menjelaskan, tersedia sejumlah hal yang perlu dipahami baik oleh pembayar maupun pihak penerima jikalau akan melaksanakan transaksi memakai tidak benar satu metode pembayaran digital ini.

Bagi pihak pembayar, pertama yang mesti dilaksanakan adalah memastikan bahwa kode QR yang akan dipindai didapat berasal dari sumber yang sadar.

Misalnya, kecuali kami akan membayar transaksi di suatu area makan, maka pastikan kode QR didapat berasal dari lokasi itu.

READ ALSO   Cara Mudah Menurunkan Stress di Kantor, Tidak Perlu Menemui Dokter

Pada akhirnya, jangan dulu menyebutkan atau memberi paham kata sandi atau info sensitif yang sanggup digunakan oleh orang yang bukan bertanggung jawab untuk berbuat kriminal.

Lantas bagi pihak yang akan terima pembayaran kenakan metode pindai QR Code, demi terhindar berasal dari upaya kecurangan yang menimbulkan kerugian, waspada pas tersedia pihak yang lakukan komplain perihal pembayaran.

“Jika layaknya ini memang mesti waspada utamanya jikalau tersedia customer yg layaknya tersebut.

Barangkali terkecuali tersedia customer yang komplain soal keunggulan bayar dan lain-lain, dapat sambil didampingi oleh pegawai lain,” kata Nurcahya.

Sebagai bentuk kehati-hatian, tak tersedia salahnya untuk meminta bukti diri orang yang bersangkutan.

Supaya, kalau mereka terbukti laksanakan kecurangan, pihak yang dirugikan telah punya identitasnya. “Minta biodata lengkap, apalagi KTP jika kudu.

Kecuali lantas yang bersangkutan marah-marah atau bukan berkenan, dapat dipastikan tersebut cuman penipuan,” pungkas dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *