Breaking News

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Gerbangindonesia.org – Pohon-Pohon Unik di Indonesia. Berada di daerah Khatulistiwa, Indonesia dikaruniai banyak hutan dengan keanekaragaman yang tinggi. Berbagai jenis tanaman tropis tumbuh di Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga pulau Rote.

Indonesia juga dikenal memiliki tanah yang subur, berbagai tanaman dan pepohonan tumbuh subur di sini. Banyak pohon dibiarkan tumbuh membesar sehingga menjadi tempat wisata masyarakat sekitarnya.

Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id, berikut beberapa pohon yang cukup unik yang berada di Indonesia, berikut diantaranya.

1. Pohon Berlubang (Bunut Bolong)

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Sangking besarnya, pohon Bunut ini sangat unik karena terdapat lubang di tengahnya dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Pohon ini dikenal dengan nama Bunut Bolong. Bunut Bolong terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Jembatan Akar Bayang

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

READ ALSO   Gunakan Cara Unik, Pemdes Cibadak Berikan Sembako Kepada Warga Vaksinasi

Jembatan yang melintasi sungai ini dibuat dari rajutan akar pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai tersebut. Hal ini dikarenakan pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai itu memiliki akar gantung yang panjang, akar gantung pohon ini play on words dirajut menjadi Jembatan Akar Bayang. Jembatan ini menjadi Jembatan alami yang hidup dan terus tumbuh. Jembatan akar ini ada di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

3. Pohon Gerbang Gn Slamet

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Akar dua pohon besar saling terhubung terlihat seperti pintu raksasa. Orang ada yang menyebutnya ‘pintu gerbang’. Beberapa pendaki menjadikan pohon ini favorit mereka yang dikunjungi ketika mendaki gunung Slamet. Pohon ini bisa ditemui di hutan Gn. Slamet, Jawa Tengah.

4. Pohon di Tabiang Takuruang (tebing yang terkurang)

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Pohon yang tumbuh di puncak tertinggi tebing ini membuat pemandangan yang luar biasa indah. Tebing ini dikenal dengan nama Tabiang Takuruang. Tabiang Takuruang berada di Ngarai Sianok, Sumatera Barat.

READ ALSO   Semakin Mentereng, Lombok FC Bangun Fasilitas Lapangan Sepakbola Milik Sendiri

5. Batu Berdaun

 

Pohon ini sangat unik karena tampak seperti Batu yang Berdaun. Sebenarnya ini adalah batu besar yang di tengahnya ditumbuhi pohon. Anehnya akar utamanya tepat berada di tengah batu yang luar biasa kerasnya. Pohon ini berada di tepi pantai kawasan obyek wisata di Singkep, Provinsi Kepulauan Riau.

6. Pohon Lanang Wadon (laki perempuan) 7. Pohon di atap rumah tua

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Pohon Lanang Wadon Jembatan Akar Pohon withering unik dan aneh di Indonesia. Pohon ini jika dilihat menyerupai dua kelamin yaitu kelamin Lelaki dan Perempuan. Bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan, sedangkan di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria. Pohon ini diberi nama pohon Lanang Wadon yang berarti Laki Perempuan. Pohon ini terdapat di hutan Sangeh, Kabupaten Badung, Bali.

READ ALSO   Pastor Fidelis Mendefa Ambil Alih Gedung Serba Guna, Milik Suster Clara yang Diberikan dari Dana Kemanusiaan Kompas

7. Pohon di atap rumah tua

Pohon-Pohon Unik di Indonesia

Pohon besar sejenis beringin ini tumbuh di atas atap rumah adat Toraja (Tongkonan). Pohon di atap Tongkonan ini dibiarkan tumbuh karena menjadikannya terlihat unik. Pohon besar yang tumbuh di atas atap ini, akarnya tidak ada yang sampai ke tanah, bahkan tidak ada yang melewati atap ke bawah. Akarnya merambat di segala sisi atap. Pohon unik ini ada di dusun Pao, Lembang Nenggala, Toraja Utara.

Check Also

Ditanya Kapan Jenguk Putra Siregar, Jawaban Chika TikTok Bikin Netizen Geregetan

Ditanya Kapan Jenguk Putra Siregar, Jawaban Chika TikTok Bikin Netizen Geregetan

Gerbangindonesia.org - Ditanya Kapan Jenguk Putra Siregar, Jawaban Chika TikTok Bikin Netizen Geregetan. Chandrika Chika atau Chika TikTok ternyata belum berkomunikasi lebih lanjut dengan Septia Yetri, istri dari pengusaha Putra Siregar. Satu-satunya komunikasi Chika dengan Septi adalah tak berapa lama setelah insiden pemukulan yang melibatkan Putra terjadi. Hal tersebut disampaikan Chika saat menjawab pertanyaan awak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.