Breaking News

Penyebab Muntah Busa Putih dan Cara Mengatasinya

Gerbangindonesia.org – Penyebab Muntah Busa Putih dan Cara Mengatasinya. Apa yang menyebabkan muntah keluar busa putih? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan dokter di sini.

Warna muntah dapat berbeda-beda disebabkan oleh kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Muntah busa putih termasuk salah satu keluhan yang bisa terjadi.

Muntah cairan putih dan berbusa mungkin sering kamu lihat dalam adegan film. Sebenarnya, apa sih penyebab muntah berbusa putih? Simak penjelasan di bawah ini, ya.

Penyebab Muntah Busa Putih

Penyebab Muntah Busa Putih dan Cara Mengatasinya

Jika kamu mengalami muntah berwarna putih, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan hal itu bisa saja disebabkan makanan atau minuman berwarna putih yang kamu konsumsi sebelumnya, misalnya susu atau es krim.

Selain itu, kemungkinan penyebab muntah busa dan putih antara lain:

READ ALSO   5 Coffee Drinking Habits That Can Lose Belly Fat

1. Makanan dan Minuman Tertentu

Jenis makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan muntah busa, terutama jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong.

Contoh minuman dan makanan yang dapat menyebabkan muntah berbusa yaitu minuman berkarbonasi asam ataupun pop, serta makanan tinggi lemak dan ada zat asam seperti keripik kentang.

2. Minum Terlalu Banyak Alkohol

Terlalu banyak minum alkohol juga bisa membuat kamu muntah mengeluarkan busa. Kelebihan alkohol dapat mengiritasi sistem pencernaan yang mengakibatkan gastritis, muntah, nyeri, dan gangguan pencernaan.

3. Infeksi Perut Akibat Virus atau Bakteri

Muntah busa putih bisa saja disebabkan konsumsi makanan yang telah terkontaminasi infection ataupun bakteri.

Makanan mengandung infection atau bakteri dapat menyebabkan infeksi perut. Pada akhirnya kondisi ini bisa berdampak pada usus atau perut. Infeksi tersebut dapat menyebabkan muntah, sembelit, dan diare.

READ ALSO   Apakah Mandi Setiap Hari Baik untuk Kesehatan?

4. Hamil

Muntah cairan putih berbusa juga bisa menjadi tanda kehamilan. Perubahan kadar hormon selama kehamilan dapat menyebabkan wanita memuntahkan busa. Muntah ini biasanya terjadi di malam hari.

Kalau kamu muntah berbusa dibarengi ciri hamil lainnya, cobalah tes kehamilan untuk memastikannya.

5. Mengonsumsi Obat Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan muntah cairan putih atau busa. Beberapa obat tersebut di antaranya morfin dan ibuprofen.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dosis. Konsultasikan juga dengan dokter atau apoteker mengenai kecocokan obat dengan kondisi pribadi dan efek sampingnya.

6. Kondisi Medis yang Menyebabkan Muntah Berbusa

“Muntah berbusa dapat terjadi jika seseorang memiliki kelebihan gas di perutnya. Jika ini terjadi, maka perlu menemui dokter kalau muntah berlangsung lebih dari satu hari,” ucap dr. Dyah Novita.

READ ALSO   5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

Penyakit penyebab muntah berbusa di antaranya:

GERD
Gastritis (peradangan pada lapisan perut)

Pengobatan Muntah Busa Putih

Menurut dr. Dyah Novita, sebelumnya kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab muntah berbusa. Jika sudah diketahui, atasi masalah yang menjadi penyebabnya.

“Jika benar ada muntah busa berkaitan dengan penyakit mag, bisa segera konsumsi obat yang dapat menurunkan produksi asam lambung dan menetralisir asam lambung,” saran dr. Dyah Novita.

Kamu juga bisa mencegah muntah busa dengan mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Hindari banyak makanan berlemak serta penuhi asupan sayur dan buah.

Selain itu, sempatkan juga untuk berolahraga rutin. Jauhi rokok dan jaga berat badan yang sehat!

#JagaSehatmu dan jangan ragu konsultasi dengan dokter kalau kamu punya gangguan pencernaan yang bikin sering muntah.

Check Also

5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

Gerbangindonesia.org – 5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman. Apakah Anda dan pasangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.