Pengurus RW13 Kelurahan Depok, Gandeng DKUM Kota Depok Ciptakan Peluang Usaha Mandiri di Situ Rawa Besar

Reporter: Arief

Depok | Gerbang Indonesia – Dalam rangka menciptakan peluang usaha mikro mandiri pada area Situ Rawa Besar, sebagai bentuk upaya slot gacor perbaikan perekonomian masyarakat, pengurus RW13 bersama Karang Taruna Sinergi Pemuda 13, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, menggandeng Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, gelar acara sosialisasi program usaha mikro mandiri kepada para pedagang yang berniaga di area sempadan Situ Rawa Besar.

Kepala Seksi (Kasie) Pemberdayaan Usaha Mikro DKUM Iskandar Zulkarnaen mengatakan, sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan para pengurus RW13 bersama Katar Sinergi Pemuda 13, dan siap menjembatani aspirasi para pedagang di Situ Rawa Besar kepada program kerja Pemerintah Kota Depok.

“Terimakasih banyak kepada Pak RW13 beserta jajarannya, atas kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari ini, sangat luar biasa Pak RW bisa mengakomodir para pedagang yang berada di Situ Rawa Besar, dan mengundang kami untuk bisa mensosialisasikan terkait program kerja Pemerintah Kota Depok pada penanganan UMKM di Kota Depok”, ujar Zulkarnaen, Jum’at 18/11/2021.

“Untuk program tahun 2022 mendatang ada program kerja dari Walikota dan Wakil Walikota Depok, terkait program binaan 5000 pedagang UMKM dan terbagi sebanyak 50 orang per- Kelurahan, yang akan dibina sebagai upaya Pemkot Depok memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat terdampak dari Pandemi”, ungkap Zul.

DKUM Kota Depok mempunyai fungsi mempersiapkan para pelaku usaha, untuk diakomodir, dibina, serta diarahkan agar mempunyai management usaha mandiri yang profesional pada bidangnya.

“Tugas kami di DKUM adalah menyaring para pelaku usaha yang benar – benar serius, dan mau mengikuti persyaratan program kerja seperti : pelatihan – pelatihan yang nantinya akan diperlukan dalam membesarkan usahanya masing”, sambungnya.

“Ketika para pedagang yang ada di Situ Rawa Besar telah resmi menjadi anggota binaan DKUM, para pedagang bisa menyalurkan barang dagangannya pada outlet-outlet yang telah disediakan seperti pada: Decomart, dan pada outlet-outlet yang ada di beberapa tempat yakni: di ITC Depok, Transmart, dan tempat-tempat lainnya yang ada di Kota Depok”, pungkasnya.

Sementara itu M.Suryadi.S.Ag, Ketua RW13 mengatakan sangat berterimakasih atas respon cepat dari pihak DKUM Kota Depok, yang telah bersedia hadir pada kegiatan sosialisasi kali ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pihak DKUM Kota Depok, yang telah merespon dengan cepat untuk hadir kewilayah kami, dan memberikan wejangan serta informasi valid dari program kerja UMKM Pemkot Depok kepada para pedagang diwilayah kami”, ucapnya.

“Saya berharap sinergitas ini bisa semakin solid kedepannya, hingga tak ada jarak yang membatasi antara masyarakatnya dengan pihak Pemkot Depok, dalam hal ini DKUM. Semoga dengan adanya asset Situ Rawa Besar yang ada diwilayah RW13 ini, bisa segera dijadikan destinasi wisata lokal khususnya bagi masyarakat Kota Depok, agar warga setempat bisa membuka lahan usaha mikro mandiri sendiri pada area Situ Rawa Besar”, ungkap Ketua RW13.

Hal senada diucapkan Sudarno Ketua Katar Sinergi Pemuda 13 yang mengatakan, bahwa Katar Sinergi Pemuda 13 bersama aparatur setempat akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan Pemkot Depok, guna membangun keselarasan tujuan bersama menuju kehidupan yang lebih baik.

“Terjadinya acara hari ini adalah momentum yang sangat langka bisa terealisasi. Pasalnya, semenjak masa pandemi banyak sekali batasan – batasan terjadi, antar masyarakat dengan para pemimpinnya baik legislatif dan eksekutif yang disebabkan proses penanganan pandemi yang belum juga bisa benar – benar selesai”, ucapnya.

“Katar Sinergi Pemuda 13, akan selalu berupaya menempuh jalur – jalur kerjasama baik dengan penyelenggara negara tingkat daerah maupun pusat bersama para stakeholdernya, dan juga membuka tangan lebar – lebar kepada pihak swasta yang bertujuan sama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat”, ungkap Sudarno.

Katar Sinergi Pemuda 13 optimis, dengan kekompakan yang telah dilakukan bersama aparatur lingkungan dan masyarakat, serta telah menggandeng Pemkot Depok, lingkungan masyarakat RW 13 , akan segera menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi warganya.

“Kami (Katar Sinergi Pemuda 13), akan selalu menjadi pendamping yang aktif pada proses pembangunan yang dilakukan Pemkot Depok, sebagai ikhtiar mengadvokasi aspirasi masyarakat”, pungkasnya. (Ar)