Pemdes Sokawangi Kecamatan Taman selalu terbuka menjalin sinergi dengan Karang Taruna

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Bertempat di lapangan depan Balai Desa Sokawangi pada tanggal 28 Oktober 2021 dilaksanakan kegiatan gelaran besar Karang Taruna Daerah Kabupaten Pemalang.

Beragam acara besar mulai dari senam sehat, donor darah, panggung apresiasi pemuda, hingga lomba memancing, kemeriahan mewarnai pada saat gelaran kegiatan tersebut.

Dari awak media Gerbang Indonesia menemui Bapak Samsuri. S.Pd. selaku Kepala Desa Sokawangi untuk mengkonfirmasi peran serta Pemdes Sokawangi dalam kegiatan tersebut,” Selasa 09 November 2021.

Pak Samsuri menegaskan bahwa dalam acara itu kami dari pihak Pemdes tidak diberitahu dari awal rencana kegiatannya.

Mohon maaf, karena bagaimanapun Karang Taruna sudah semestinya bernaung di jajaran Pemdes.

Kami pihak Pemdes selalu membuka diri untuk bersinergi dengan Karang Taruna di Desa kami dan sudah semestinya bila ada hal kegiatan ivent besar, teman teman Karang Taruna Desa yang baik bijaksana sepatutnya berkoordinasi dengan kami, namun kenyataanya saya hanya dikasih tembusan bahwa karang taruna memerlukan hansip dan membutuhkan lapangan dalam acara kegiatan itu dan itupun dalam rentang waktu yang cukup mendesak.

Ketika selanjutnya ada acara penanaman pohon atau apapun itu,” saya kurang tahu, karena saya tidak diberitahu dari rekan rekan Karang Taruna Desa.
Saya Kepala Desa Sokawangi secara khusus memberikan ruang seluas-luasnya kepada Karang Taruna, untuk bersinergi dalam kegiatan apapun yang punya arah kepentingan dari program kemajuan di Desa Sokawangi.

Adapun hal lain yang telah terselenggara ataupun ivent besar Kabupaten yang pernah digelar di lapangan sokowangi sedapat mungkin bisa menjadi sorotan positif buat kegiatan Karang Taruna baik di Desa kami dan juga di Desa luar Sokawangi.

Kita membuka upaya sinergi dengan Karang Taruna Desa Sokawangi agar bisa bekerjasama dengan baik dengan Pemdes Desa SokawangiĀ  dalam hal apapun yang menyangkut ivent kegiatan Karang Taruna.

Sudah Semestinya Karang Taruna juga bernaung di bawah Pemdes.
Selama ada hal yang bisa dikomunikasikan untuk kegiatan Karang Taruna dan tentunya dengan koordinasi yang baik kita dari pihak Pemdes berupaya mendukung apapun yang menjadi kegiatan dari Karang Taruna.

Namun kenyataanya selama ini karang taruna seolah-olah ingin berdiri sendiri, kalau Karang Taruna Desa itu baik dan bijaksana saya rasa akan selalu menganggap bahwa Pemdes adalah pembinanya.

Secara khusus sudah semestinya apabila
Karang Taruna melaksanakan acara besar, Pemdes Desa Sokawangi minimal di koordinasi atau dikasih tembusan.
Untuk kegiatan kemarin kami pihak Pemdes diberitahu Panitia acara Karang Taruna (bukan Ketua karang taruna) untuk minta dicarikan hansip dan perihal menyewa lapangan,” ucap Pak Samsuri.

Selanjutnya acara kegiatan Karang Taruna, adapun kelanjutan dari kegiatan itu ada penanaman pohon atau selebihnya Pemdes dan saya pribadi tidak tahu karena saya memang tidak tahu dan pada saat perencanaan acara kegiatan atau membentukan kepanitiaan kegiatan dan rencana kegiatan tidak menggunakan fasilitas basecamp Karang Taruna Desa, padahal basecamp tidak terpakai dan sudah pasti bisa dipergunakan untuk rencana kegiatan tersebut, tapi rupanya Karang Taruna Desa kami malah menggunakan tempat selain basecamp Desa,’ sambung Pak Samsuri.

Setidaknya bila pada saat rapat tersebut Karang Taruna menggunakan fasilitas basecamp Karang Taruna Desa, tentunya pihak Pemdes akan mengetahui dari awal rencana pelaksanaan kegiatan karang taruna Desa kami. Saya intinya tidak tahu pasti dengan apa yang menjadi keinginan karang taruna ini. Harapan saya semoga kedepannya Karang Taruna bisa bersinergi dengan Pemdes, dalam artian tidak ada misskomunikasi agar kegiatan kegiatan Karang Taruna bisa seiring berjalan membangun dan melaksanakan kegiatan dalam kebersamaan dengan jajaran Pemerintah Desa. Sudah sepatutnya karang taruna Desa bernaung pada Pemerintahan Desa, bukan bernaung pada orang-orang diluar Pemerintahan Desa,” pungkasnya Pak Samsuri dalam wawancara singkat dengan tim Gerbang Indonesia. (Eko B Art).