Mengetahui Fungsi Otak Manusia Menurut Bagian-Bagiannya

Mengetahui Fungsi Otak Manusia Menurut Bagian-Bagiannya

gerbangindonesia.org – Mengetahui Fungsi Otak Manusia Menurut Bagian-Bagiannya. Aktivitas otak sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Selain memproses informasi, otak mengontrol setiap sistem dalam tubuh, mulai dari sistem pernapasan hingga sistem reproduksi.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang fungsi otak? Langsung saja simak pembahasannya dihalaman ini.

Otak adalah salah satu organ terbesar dan paling kompleks dalam tubuh manusia. Bayangkan, organ tersebut memiliki lebih dari 100 miliar sel saraf yang saling terhubung untuk menghubungkan otak ke seluruh tubuh. Otak memiliki bagian yang berbeda dan setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda.

Aktivitas otak tergantung pada bagian-bagiannya

Bukan hanya soal ukurannya, otak juga berperan besar dalam kehidupan manusia. Berikut dibawah ini adalah fungsi bagian otak manusia

1. Otak besar

Seperti namanya, serebrum merupakan bagian terbesar dari otak dan terdiri dari beberapa bagian atau lobus dengan fungsi, yaitu:

READ ALSO   8 Jenis Obat Diabetes Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Stabil, Yuk Disimak Bro and Sis

Lobus frontal bertanggung jawab untuk membuat keputusan, mengendalikan konsentrasi, mengendalikan emosi dan gerakan. Lobus temporal, berperan dalam kontrol memori dan pendengaran, serta menangkap dan menafsirkan emosi orang lain.
lobus parietal, bertanggung jawab untuk memproses dan menafsirkan informasi dari bagian lain dari otak dan mengendalikan pikiran. Lobus oksipital, berfungsi untuk memproses informasi visual, seperti tulisan tangan, dan mengontrol sistem visual.

2. otak kecil

Cerebellum atau otak kecil berada di belakang dan di bawah otak. Meski lebih kecil dari otak, fungsi otak kecil tidak penting. Fungsi otak kecil adalah untuk mengontrol keseimbangan, gerakan dan koordinasi tubuh. Karena bagian otak ini, seseorang dapat berdiri tegak, berjalan dengan keseimbangan dan bergerak dengan energi.

READ ALSO   Tidak Hanya Sehat, Lemon ini Dapat Digunakan Sebagai Bahan Kosmetik Juga

3. Batang Otak

Batang otak terletak di depan otak kecil dan di bawah otak besar. Bagian ini menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Otak dibagi menjadi beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda di setiap bagiannya, yaitu:

Otak tengah, berfungsi untuk mengontrol gerakan mata dan memproses informasi audio dan visual yang diterima. Pons terdiri dari sekelompok saraf yang mengontrol gerakan wajah, mengirimkan informasi sensorik, merangsang pernapasan, dan mengatur pola tidur.
Medula oblongata bertanggung jawab untuk mengontrol fungsi jantung dan paru-paru, seperti detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

4. Diensefalon

Diencephalon terletak di dasar otak dan memiliki tiga bagian:

Talamus bertanggung jawab untuk memori, pola tidur, dan kesadaran, transmisi atau transmisi informasi ke sistem tubuh lainnya. Hipotalamus mengontrol nafsu makan, emosi, suhu tubuh, jam tubuh, dan produksi serta pelepasan hormon.
Epithalamus, atau amigdala, berperan dalam memproses emosi, perilaku, dan memori jangka panjang.

READ ALSO   Inilah 5 Manfaat Minuman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

5. Ganglia basalis

Setiap fungsi struktural di otak membutuhkan bagian yang disebut ganglia basal. Adanya bagian ini berfungsi untuk mengontrol informasi yang akan disampaikan atau dikirim ke berbagai bagian otak. Ganglia basal adalah struktur yang mengelilingi bagian talamus di otak.

Otak bisa rusak, menyebabkan disfungsi otak. Kerusakan otak dapat berupa cedera atau akibat pecahnya pembuluh darah yang mensuplai otak, misalnya setelah stroke. Selain itu, berbagai penyakit dan masalah juga dapat terjadi di otak, antara lain penyakit, kanker, masalah elektrolit, alkohol dan obat-obatan, gagal ginjal, dan penyakit hati yang parah.

Agar otak tetap bekerja dengan baik, lakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti melindungi kepala saat mengemudi, bekerja, berolahraga, atau melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, hindari stres, dan olahraga teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *