Investor Cari Aman, USD/CHF Makin Terperosok

Gerbangindonesia.org – Investor Cari Aman, USD/CHF Makin Terperosok. Franc Swiss menjadi salah satu mata uang berkinerja terbaik hari Rabu ini (29/6/2022). Pasangan mata uang USD/CHF terperosok ke level terendah sejak April pada kisaran 0.9530-an, sementara EUR/CHF mencapai paritas (1.000) untuk pertama kalinya dalam empat bulan. Situasi ini terjadi lantaran tendensi gamble off di pasar worldwide, sekaligus kuatnya indikasi manuver baru dari bank sentral Swiss (SNB).

Investor Cari Aman, USD/CHF Makin Terperosok

Para ekonom memperkirakan Zona Euro akan jatuh ke jurang resesi di tengah krisis energi yang terpicu oleh perang Rusia-Ukraina. Situasi ini membuat lebih banyak financial backer euro yang membeli franc Swiss.

“Swiss tak terlalu terekspos oleh impor bahan bakar Rusia, dan ini semestinya memperkuat risiko arus place of refuge akibat kekhawatiran pertumbuhan Zona Euro,” individualized organization Jane Foley, kepala strategi FX di Rabobank, “Secara simultan, muncul spekulasi bahwa dalam menghadapi inflasi yang lebih tinggi, makin kecil kemungkinan Swiss National Bank mencegah penguatan franc lebih lanjut.”

SNB selama ini terkenal sebagai bank sentral yang tak malu melaksanakan intervensi guna melemahkan nilai tukarnya. Namun, sikap kebijakan mereka berubah dalam satu bulan terakhir. Alih melemahkan nilai tukar, SNB malah mengungkapkan kesiapan untuk mendorong penguatan franc.

“Apabila ada penguatan franc Swiss yang berlebihan, kami akan siap untuk membeli mata uang asing. Tapi jika franc Swiss akan melemah, kami juga akan mempertimbangkan penjualan mata uang asing,” individualized organization Ketua SNB, Thomas Jordan, pada tanggal 16 Juni silam.

READ ALSO   4 Aplikasi Mobile Cara Belajar Trading Forex Untuk Pemula

Information holding tunai SNB pekan lalu menunjukkan penurunan berjumlah withering besar dalam satu dekade terakhir. Hal ini menandakan bahwa SNB sudah mulai menjual cadangan devisanya guna mendorong penguatan nilai tukar franc Swiss.

EUR/CHF dan GBP/CHF menjadi pasangan mata uang yang withering terdampak dalam situasi ini, meskipun USD/CHF juga menunjukkan penurunan. Information ekonomi dari negara anggota Zona Euro belakangan ini semakin memburuk, sehingga kepanikan pasar kian meluas dan memengaruhi kurs euro.

READ ALSO   10 Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Information inflasi dari North Rhine Westphalia, salah satu negara bagian Jerman, hari ini menampilkan pelemahan, sehingga memantik kekhawatiran terhadap rilis information inflasi Zona Euro besok. Posisi euro untuk sementara tertopang oleh information inflasi Spanyol yang lebih baik, tetapi kegelisahan belum usai. Pelaku pasar akan terus menyoroti information berikutnya untuk mengukur risiko resesi di kawasan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *