Ini Dia 7 Manfaat Buah Naga Untuk Wajah

Ini Dia 7 Manfaat Buah Naga Untuk Wajah

gerbangindonesia.org -Ini Dia 7 Manfaat Buah Naga Untuk Wajah. Buah naga atau pitaya merupakan buah tropis yang mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, gula, protein, magnesium, zat besi, dan antioksidan. Buah ini juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Manfaat buah naga untuk wajah tidak sedikit lho. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, buah yang memiliki kulit bersisik ini juga mampu membuat kulit tampak lebih glowing dan sehat. Tidak percaya? Yuk simak informasinya di artikel ini.

Kandungan nutrisinya tidak hanya berdampak baik bagi kebugaran tubuh secara keseluruhan, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

7 Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Berikut berbagai manfaat buah naga untuk wajah:

1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat buah naga untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit. Manfaat tersebut didapat dari kandungan vitamin C, betakaroten, serta antioksidan pada buah ini.

READ ALSO   Apa itu Croup - Gejala, Penyebab dan Pencegahannya pada anak

Vitamin C dan antioksidan disebut-sebut dapat membantu mengurangi produksi melanin yang merupakan pigmen atau pewarna alami pada kulit. Melanin biasanya meningkat akibat paparan sinar matahari (sinar UV) yang berlebihan. Dengan kadar melanin yang lebih sedikit, wajah tidak akan kusam dan tampak lebih berseri.

2. Mengurangi jerawat

Memiliki wajah berjerawat memang cukup mengganggu bukan? Untuk mengurangi jumlah jerawat dan mencegahnya datang kembali, Kamu harus rutin membersihkan wajah dengan mencucinya minimal dua kali sehari, menggunakan perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, dan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah naga.

Soalnya, buah naga mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, yang bagus untuk membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, buah naga juga tergolong memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah. Hal ini pula yang menjadikan buah naga sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk membantu mencegah dan mengurangi jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit wajah yang rusak akibat jerawat.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C pada buah naga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Perlu kamu ketahui, kolagen merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga tekstur dan elastisitas kulit. Kolagen yang rendah pada kulit wajah dapat menyebabkan garis halus dan kerutan, serta menyebabkan kulit kendur.

READ ALSO   Ini 5 Syarat yang Harus Konten Kreator Ketahui tentang Laptop Pendukung Video Editing

Itu sebabnya, mengonsumsi sumber vitamin C seperti buah naga dapat mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus membuat kulit wajah lebih halus.

4. Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Sebum merupakan minyak alami pada kulit yang berfungsi menjaga kelembaban dan kebersihan kulit. Namun, jika jumlahnya berlebihan, sebum bisa menyumbat pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan komedo dan jerawat pada kulit wajah. Untuk mengurangi sebum, Kamu bisa menggunakan buah naga sebagai masker wajah alami.

Cara membuatnya mudah, kok. Kamu hanya perlu mencampurkan ½ buah naga putih yang telah dihaluskan dengan 2-3 sendok makan air mawar atau perasan lemon, dan 1 sendok makan oat, lalu oleskan masker wajah alami ini. Biarkan selama 20–30 menit lalu bilas.

Setelah itu, Kamu bisa melanjutkan penggunaan skincare untuk merawat kulitmu.

5. Memperbaiki penampilan kulit wajah

Beta-karoten dan antioksidan dalam buah naga berfungsi untuk melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, menjaga kesehatan kulit wajah, serta memperbaiki penampilan kulit. Selain itu kandungan protein dan magnesium pada buah naga juga baik untuk mendukung proses perbaikan jaringan kulit yang rusak.

6. Menjaga kelembaban kulit

Buah naga putih umumnya mengandung air lebih tinggi dibandingkan buah naga merah. Mengonsumsi buah-buahan dengan banyak air dapat menghidrasi kulit wajah dan mencegah kulit menjadi kering. Selain itu, kandungan vitamin C dan E, serta antioksidan pada buah naga juga membantu menghidrasi dan melembabkan kulit.

READ ALSO   Fungsi Ginjal Manusia dan Penjelasan, Begini Cara Menjaga Kesehatannya

7. Mengurangi resiko kanker kulit

Buah naga, baik merah maupun putih, mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan seperti vitamin C, betacyanin, dan polifenol pada buah naga dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker.

Konsumsi buah-buahan secara rutin, termasuk buah naga, bahkan disebut-sebut dapat menurunkan risiko kanker kulit, seperti melanoma.

Tujuh manfaat buah naga untuk wajah bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsi buah naga. Selain itu, buah ini juga cocok untuk dibuat masker wajah.

Agar kulit tetap sehat, lengkapi menu harianmu dengan berbagai makanan sehat lainnya, seperti ikan, aneka sayur dan buah, kacang-kacangan, serta minuman yang mengandung polifenol, seperti teh, kopi, dan cokelat.

Meski secara umum aman untuk dikonsumsi, buah naga terkadang dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika kamu mengalami keluhan kulit gatal, bentol, atau wajah bengkak setelah mengkonsumsi buah naga atau menggunakan masker berbahan buah naga, berarti kamu mungkin memiliki alergi terhadap buah ini.

Jika kalian mengalami alergi setelah mengkonsumsi buah naga untuk wajah atau menggunakan masker alami dari buah naga, Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter.