Hoaks : Beredar Foto Gunung Krakatau Meletus Pascagempa M 6,6

Hoaks Beredar Foto Gunung Krakatau Meletus Pascagempa

Gerbangindonesia.org – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa foto letusan Gunung Krakatau yang telah beredar didalam pesan Whatsapp adalah tidak benar atau hoaks.

Gambar Gunung Krakatau yang terlihat sedang mengeluarkan abu vulkanik tersebut menyebar setelah terjadinya gempa bumi magnitudo 6,6 yang berpusat di Sumur, Kabupaten Pandeglang pada Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 Wib.

“Hoaks, Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau sudah menjawab hal tersebut,” ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang Tarjono ketika dimintai konfirmasi, Jumat.

READ ALSO   Video Viral Penganiayaan Terhadap 7 Korban Pelajar, YBH BATARA Angkat Bicara

Tarjono berkata, BMKG menyarankan apabila ada masyarakat yang mendapat informasi dimana informasi itu diragukan kebenarannya, Tarjono meminta supaya masyarakat memutus mata rantai penyebaran berita hoaks itu dan bukan menyebarkannya lagi.

“Silahkan klarifikasi ke BMKG terdekat, atau Pos Pantau Gunung Anak Krakatau. Jangan ditanyakan di WA grup,” kata Tarjono.

READ ALSO   Salah Seorang Oknum Polisi Dilaporkan Warga Karena Diduga Melakukan Penipuan dan Penggelapan Uang RP 40 JT

Seperti kita ketahui, gempa bermagnitudo 6,6 mengguncang Sumur, Banten, Jumat (14/1/2022).

Gempa juga dirasakan warga Jabodetabek bahkan hingga Lampung dan merusak tempat tinggal serta fasilitas umum yang berada di Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *