Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai

gerbangindonesia.org – Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai. Tidur Memadai terhadap malam hari mampu menopang kamu mengistirahatkan fisik dan pikiran, supaya sanggup menunjang memulihkan tenaga supaya lebih siap untuk menghadapi hari esok.

Saat, tidur yang buruk mampu sebabkan lebih berasal dari sekadar kejengkelan di esok hari. Tidur yang buruk sanggup berdampak serius terhadap kebugaran Kamu.

Kalau bukan diatasi, gangguan tidur lama kelamaan dapat tingkatkan risiko terjadinya beragam penyakit serius, layaknya penyakit jantung, kanker, dan stroke.

“Saya menginginkan menegaskan betapa generik gangguan tidur,” kata Nancy Foldvary-Schaefer, Do, Ms, Direktur Pusat Gangguan Tidur di Klinik Cleveland, dilansir Eat This, Not That Jumat (14/10/2022).

Dia juga mengatakan, sleep apnea pengaruhi 25 % orang bersama dengan lebih tak terhitung pria daripada wanita sebelum menopause, tapi sehabis menopause, wanita mirip-mirip berisiko dan mereka punya kelambatan untuk penaksiran dikarenakan mereka bukan menunjukan seluruh gejala generik.

“Kami barangkali kehilangan segudang narkolepsi dan hipersomnia sebab bukan tersedia lumayan pencerahan di rakyat generik perihal suasana ini,” Kata Nancy.

Berikut adalah lima gangguan tidur yang wajib diwaspadai untuk memastikan kesegaran Kamu dan kebugaran orang di lebih kurang Kamu.

1. Sleep Apnea

dari macam-macam gangguan tidur, sleep apnea terhitung suasana kesegaran serius gara-gara membuat tubuh kekurangan oksigen dan mampu menyebabkan seseorang terjaga di malam hari.

READ ALSO   6 Cara Mengatasi Anemia Pada Anak, Yuk Simak Apa Aja Caranya

Sleep apnea mengenai bersama sejumlah suasana kesegaran yang berbahaya. “Sleep apnea berjalan ketika otot-otot saluran napas bagian atas rileks waktu tidur dan mencubit saluran napas, yang menghindar Kamu memperoleh lumayan udara,” kata Jonathan Jun, M.D., Spesialis Pengobatan Paru dan Tidur di Johns Hopkins Sleep Disorders Center.

Terhadap Sleep apnea pernapasan Kamu bisa saja berhenti selama 10 detik atau lebih terhadap sebuah saat, hingga refleks Kamu muncul dan Kamu mulai bernapas ulang.

“Laboratorium kita dan lainnya udah membuktikan bahwa sleep apnea dikaitkan bersama risiko diabetes yang lebih tinggi, terlepas berasal dari obesitas, dan bahwa sleep apnea mampu menambah kandungan gula darah,” kata Jonathan.

Terdapat lebih dari satu terapi obstructive sleep apnea (osa) yang mampu Kamu pilih. Keliru satunya adalah bersama mengenakan masker oksigen bertekanan spesifik.

2. Mendengkur Jangka Panjang

setiap orang sesekali mendengkur dan mengganggu siapa pun yang mendengarkannya. Namun tahukah Kamu mendengkur jangka panjang perihal bersama penyakit jantung?

“Mendengkur disebabkan oleh lidah yang bukan punya memadai ruang di bagian belakang tenggorokan, terutama terhadap orang-orang yang mengalami obesitas, gagal jantung atau tidur terlentang,” kata Melvyn Rubenfire, M.D, Pakar Jantung di Platform Kesegaran Universitas Michigan.

Rubenfire mengatakan, “Tersedia bahan kimia di otak yang tugasnya menyebabkan pernapasan, dan ini sanggup gagal terhadap sebagian orang yang mendengkur. Akibatnya, kandungan oksigen turun secara dramatis, sebabkan kortison, adrenalin, dan hormon lainnya melonjak.”

Rubenfire juga menjelaskan, hormon-hormon ini berkontribusi pada tekanan darah tinggi dan defleksi jantung dan bisa mengakibatkan atau memperburuk gagal jantung, mengakibatkan agresi jantung, apalagi kematian mendadak.

Lebih-lebih tanpa mendengkur, orang bersama dengan sleep apnea obstruktif udah kurangi oksigen di dalam platform mereka yang mampu merusak jantung.

READ ALSO   Event Assassin's Creed Bakal Hadir di PUBG: Battlegrounds dan New State Mobile

3. Restless Legs Syndrome (Rls)

Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai

Restless Legs Syndrome (Rls) juga bisa disebut penyakit willis-ekbom, adalah gangguan tidur neurologis yang tentang bersama dengan situasi kebugaran yang serius.

“Siapa pun yang dulu mengalami RLS menyadari bahwa tersebut adalah keadaan yang aneh,” kata Pakar Jantung Hegemoni Leslie Cho, Md.

RLS adalah keadaan ketika punya dorongan kuat untuk menggerakkan kaki. Gejala ini paling kerap muncul terhadap malam hari.

“Begitu Kamu berbaring, dorongan untuk menggerakkan kaki Kamu dimulai. Bukan peduli seberapa keras Kamu mencoba, Kamu bukan mampu berhenti meronta-ronta atau merasa nyaman,” katanya.

Walaupun interaksi antara sindrom aneh ini dan penyakit jantung terdengar bukan bisa saja, tetapi nyatanya interaksi itu memang tersedia. Tak hanya tersebut, baru-baru ini ditemukan bahwa wanita bersama RLS berada terhadap peningkatan risiko kematian implikasi penyakit jantung.

Tersedia obat untuk Rls, tapi untuk memastikanya Kamu kudu diperiksa untuk penyebab yang mendasarinya layaknya penyakit parkinson dan gagal ginjal.

Kekurangan zat besi adalah penyebab generik RLS yang mampu berhasil diobati bersama suplemen zat besi. Harus diketahui, baik pria maupun wanita bersama RLS cenderung punya diabetes style 2, obesitas, tekanan darah tinggi dan sleep apnea,  Yang semuanya menaikkan risiko penyakit jantung dan agresi jantung.

4. Narkolepsi

narkolepsi adalah gangguan tidur neurologis yang merubah cara otak mengontrol tidur dan terjaga, yang ditandai bersama dengan rasa mengantuk hiperbola terhadap siang hari.

Narkolepsi menimbulkan agresi tidur supaya Kamu sanggup tiba-tiba tertidur kapan saja dan di mana saja. Orang yang mengalami narkolepsi mengalami kesulitan untuk terus terjaga terhadap situasi apapun. Hal ini bisa memicu gangguan didalam menekuni kegiatan sehari- hari.

READ ALSO   5 Zodiak Terkenal Kejamnya, Apakah Kamu Salah Satunya?

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih sadar interaksi antara narkolepsi dan kesegaran jantung, tapi sejumlah faktor bisa saja berperan,” kata american Heart Association.

Bagi kebanyakan orang, tekanan darah turun secara alami selagi tidur, suatu kenyataan yang disebut nocturnal dipping. nocturnal dipping diatur oleh protein yang disebut hypocretin, di mana orang bersama narkolepsi kekurangan protein ini.

Penelitian perlihatkan pengurangan nocturnal dipping ini sanggup menaikkan risiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya tersebut, orang bersama dengan narkolepsi kerap juga mengalami keadaan layaknya diabetes, depresi, dan obesitas, yang secara independen mengenai bersama penyakit jantung.

Untuk menangani narkolepasi, diperlukan pemugaran pola tidur. Pola tidur yang disarankan yaitu, miliki jadwal tidur yang teratur, mengelola stres bersama baik, mencukupi selagi tidur yang lumayan.

5. Insomnia

dari beraneka type gangguan tidur, tidak bisa tidur barangkali adalah style yang paling akrab bagi segudang orang. Suasana ini berjalan ketika seseorang sulit memulai atau menjaga tidur. Lansia dan wanita lebih berisiko mengalaminya.

“Gagasan bahwa tiap tiap orang membutuhkan delapan jam tidur adalah dongeng lama, namun Kamu kudu mempertahankan kuota tidur pribadi Kamu, apakah tersebut enam atau sembilan jam,” kata Dr. Foldvary-Schaefer.

Penyebab tidak bisa tidur memadai berbagai, di antaranya stres, gangguan pencernaan, dan juga hormon. Tidak bisa tidur sanggup mempengaruhi mutu hidup, apalagi berpotensi mengakibatkan lebih dari satu suasana layaknya depresi, sulit konsentrasi, cepat marahm penambahan berat badan dan persoalan terhadap pekerjaan.

sebagian cara yang dapat Kamu laksanakan untuk menanggulangi tidak bisa tidur, layaknya tidur terhadap jam yang mirip tiap tiap harinya, mematikan lampu kamar, dan juga menghindari minum kopi kala menjelang tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *