Dorong Skema Pentahelix, TAR Jokowi Kota Depok Desak Kementerian ATR Sertifikasi Situ Atasnamakan BUMDKS

Reporter: Arief

Depok | Gerbang Indonesia – Merespon kinerja Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ATR BPN, PMO Tim Koordinasi Penataan Ruang Kawasan Perkotaan Jabodetabekpunjur, yang bekerjasama dengan pihak akademisi dalam melakukan pendataan khusus wilayah kawasan Situ yang ada di Kota Depok, dalam upaya melakukan pembenahan asset – asset negara. Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok mendukung penuh kegiatan program kerja Kementerian ATR, dan mendesak agar Situ – Situ yang ada di Kota Depok untuk segera disertifikasi ke atasnama Badan Usaha Milik Daerah Khusus Situ Kota Depok.

Suryadi Bhoges Ketua Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok mengucapkan, terimakasih kepada beberapa pihak Kementerian seperti: Kementerian ATR/BPN dan Kementerian LHK yang telah merespon segala bentuk aspirasi para aktivis pemerhati lingkungan yang ada di Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok, dalam upaya melakukan penetrasi percepatan pembenahan area kawasan Situ – Situ yang ada di Kota Depok.

“TAR Jokowi Depok ucapkan terimakasih kepada pihak Kementerian LHK dan Kementerian ATR/BPN, yang telah turun langsung melakukan tupoksinya pada upaya pembenahan area kawasan Situ – Situ yang ada di Kota Depok ini. TAR Jokowi Kota Depok sangat mengapresiasi kedua pihak Kementerian yang telah merespon cepat atas aspirasi yang dilayangkan masyarakat Kota Depok, dalam hal pembenahan permasalahan Situ – Situ yang ada di Depok ini”, ujar Bhoges, Selasa 30/11/2021.

“Dalam hal pembenahan kawasan Situ ini, kami meminta kepada pihak Kementerian ATR/BPN untuk segera melakukan sertifikasi area lahan Situ – Situ di Kota Depok, agar tidak terjadi dikemudian hari lahan tersebut dikelola oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab, dan memanfaatkan area Situ hanya untuk kepentingan pribadi dan golongan”, ungkapnya.

 

Bhoges berharap, agar pihak Pemerintah baik Pusat, Provinsi, serta Pemkot Depok, untuk segera melakukan konsolidasi dan melakukan diskusi khusus terkait pembenahan kawasan area Situ secara bersama – sama, dengan tetap mengedepankan kepentingan kearifanlokal wilayah sekitar area Situ.

“Jalan terbaik pada pembenahan permasalahan Situ menurut kami adalah, Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemkot Depok, harus duduk bareng menyatukan arah pembangunan kawasan Situ dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah Khusus Situ (BUMDKS), yang nantinya akan berfungsi sebagai wadah pembuat kebijakan terkait dengan setiap permasalahan yang timbul pada area kawasan Situ”, tutup Bhoges.

Hal senada diucapkan Opick Doel selaku Koordinator Harian TAR Jokowi Kota Depok yang mengatakan, bahwa pembentukan BUMDKS adalah satu – satunya jalan terbaik agar konsep skema Pentahelix bisa diterapkan pada proses pembenahan serta pengelolaan kawasan Situ.

“Konsep sistem Pentahelix¬†atau Multipihak adalah sistem kolaborasi 5 unsur subjek atau stakeholder pariwisata, yaitu: Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media), yang disingkat ABCGM. Menurut kami konsep ini akan jadi cara jitu dalam melakukan pengelolaan pada area kawasan Situ, agar pengelolaannya bisa terukur dan terarah serta manfaatnya benar – benar bisa dirasakan masyarakat sekitar Situ”, ujar Opick.

 

“Konsep Pentahelix ini yang diwadahi BUMDKS nantinya akan memangkas segala bentuk birokrasi administrasi, yang dapat memudahkan warga sekitar dalam upaya ikut serta berpartisipasi aktif pada sektor pembangunan dan pengelolaan asset wilayahnya masing – masing. Jadi, ini adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan”, ungkapnya.

Lebih lanjut Opick menambahkan, bahwa pembentukan BUMDKS yang didalamnya terdiri dari pihak Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (BBWSCC), Pemkot Depok, Akademisi, Pemodal/Pebisnis, Komunitas, serta Media profesional, pastinya akan membuat roda pengelolaan area kawasan Situ menjadi teratur, terarah, dan benar – benar terkonsep dengan baik.

“BUMDKS dan Skema Pentahelix kami yakini adalah jalan keluar terbaik bagi permasalahan pengelolaan seluruh Situ yang ada di Kota Depok, dan kami TAR Jokowi Kota Depok meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera turun tangan memberikan SK pembentukkannya, guna merealisasikan Kota – Kota penyanggah Ibukota yang benar – benar bisa berfungsi sesuai dengan tujuannya”, pungkas Opick Doel.(Ar)