Cara Teraman Menjawab Pertanyaan HR Tentang Pengalaman

Cara Teraman Menjawab Pertanyaan HR Tentang Pengalaman

gerbangindonesia.org – Cara Teraman Menjawab Pertanyaan HR Tentang Pengalaman. Lulusan baru, tidak ada pengalaman kerja, lalu bagaimana jika ditanya oleh HRD? Mungkin sebagian dari kamu mengalami hal serupa. Bingung mau jawab apa jika ditanya HRD tentang pengalaman kerja yang belum pernah. Tidak bukan berarti kamu akhirnya tidak menjawab ya.

Ada beberapa tips cara menjawab pertanyaan HRD tentang pengalaman yang bisa kamu tiru, yaitu:

  • Ceritakan pengalaman organisasi kamu selama kuliah, apakah kamu menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) atau lainnya.
  • kamu dapat menceritakan pengalaman kamu menyelesaikan proyek kampus atau pengalaman acara dalam sebuah kepanitiaan. Seperti menjadi ketua panitia kegiatan kampus, menjadi MC dalam seminar bisnis atau lainnya.
  • Ceritakan tentang pengalaman PKL/magang. Entah itu kegiatan sosialis yang bermanfaat bagi warga. Atau kamu menjadi salah satu orang yang memecahkan masalah / problem solving di lingkungan magang kamu.
  • Jujur dengan HR jika kamu tidak memiliki pengalaman apapun
READ ALSO   Ketahui 5 Tanda Jika Anda Benar-Benar Mencintai Pasangan

Jangan terlalu jujur ​​tentang jawabannya. Jawab seperti ini:

“Saya lulusan baru dengan pengetahuan dasar komunikasi, Pak. Dari segi pengalaman kerja, saya tidak memiliki pengalaman di bidang x, tetapi dari segi pemahaman dan keterampilan, saya memiliki keterampilan yang dibutuhkan di posisi ini, di mana saya memiliki keterampilan dalam keterampilan komunikasi.”

“Selain itu, saya terus mengimpor diri untuk lebih memperdalam bidang x saya guna menunjang minat saya berkarir di bidang ini.”

READ ALSO   Mending Rakit PC Sendiri Lebih Murah, Kenali Dulu 7 Komponen Komputer

Intinya, walaupun kamu tidak memiliki pengalaman kerja, selama kamu bisa memberikan jawaban yang menggambarkan inisiatif untuk mempelajari bidang yang kamu lamar, itu jawaban yang cukup aman. Alih-alih menjawab “Saya tidak punya pengalaman, Pak/Bu.”

Selain itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik selama wawancara kerja. Jangan sampai semua pertanyaan yang bahkan tidak bisa kamu jawab atau jawab sesederhana tidak tahu atau tidak ada. Tunjukkan bahwa kamu memiliki karyawan yang mereka cari selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *