Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Berbagai Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

gerbangindonesia.org – Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung. Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan menjalani gaya hidup sehat dapat menghindarkan Anda dari risiko berkembangnya penyakit jantung koroner dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, yang tak kalah penting adalah menghindari makanan siap saji dan makanan bercak. Makanan cepat saji yang kaya akan kolesterol jahat ini bisa meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

Untuk menghindari risiko penyakit jantung koroner yang berkembang, Anda perlu melakukan gaya hidup sehat, termasuk makan makanan sehat, sering berolahraga, dan tidak merokok. Hal ini dapat mengurangi risiko peningkatan penyakit jantung hingga delapan puluh dua persen. Orang lanjut usia 70-90 tahun yang umumnya tetap sehat juga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga enam puluh enam persen.

Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Salah satu gaya hidup sehat yang bisa Anda jalani adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Jadi, apa saja makanan yang dimaksud?

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya tetap kuat, senyawa fitonutrien yang terkandung dalam sayuran dan buah dapat bermanfaat. Senyawa ini membantu menjaga kehidupan tanaman dari kuman, jamur, dan hama. Sedangkan bagi manusia, senyawa tersebut dapat membantu lukisan bingkai dengan baik.

READ ALSO   15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan & Kecantikan, Penuh Nutrisi

Berikut beberapa makanan yang mengandung fitonutrien.

Kacang

Makan banyak kacang-kacangan, termasuk kacang merah, hingga 3 cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Ini dapat menyelamatkan Anda dari menelan kalori ekstra. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel karena paparan radikal bebas yang menyebabkan kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Biji-bijian utuh

Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti jantung koroner, diabetes, berbagai jenis kanker, dan obesitas. Ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah besi, seng, dan magnesium.

READ ALSO   7 Cara Pola Hidup Sehat, Apa Saja?

Apel

Mengonsumsi 1-2 buah apel per hari dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengubah gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung yaitu epicatechin. Zat ini merupakan senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bawang putih

Bawang putih dianggap tidak lagi berpengaruh pada tekanan darah, sehingga mungkin sering dikonsumsi. Bawang putih juga bisa menambahkan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena semakin banyak asupan garam, semakin besar risiko peningkatan tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Anggur

Manfaat buah anggur dipercaya mampu mencegah penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena anggur mengandung serat dan flavonoid yang efektif mencegah kerusakan jantung.
Berry
Aneka berry termasuk blueberry, goji berry, strawberry, raspberry, dan blackberry dapat digunakan sebagai camilan sehat. Buah berry yang kaya akan serat dan antioksidan diyakini dapat mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak lagi menyebabkan diabetes. Namun, studi tentang hasil beri pada kesehatan jantung defensif masih perlu dipelajari
Lebih-lebih lagi.

READ ALSO   HaloCare, Paket Manfaat Kesehatan Terjangkau dan Fleksibel

Teh hijau

Berdasarkan hasil penelitian, orang yang minum lebih dari 5 cangkir teh hijau setiap sore memiliki sekitar 25 persen penurunan risiko kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun, berhati-hatilah saat minum teh hijau. Minum lebih dari 5 cangkir teh hijau setiap hari dapat meningkatkan risiko tumbuhnya batu ginjal. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi beragam teh hijau, perbanyak juga asupan air putih untuk menghindari dehidrasi dan agar saluran kencing tetap lancar.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, Anda harus membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000-2400 mg sodium (natrium) per hari. Sedangkan untuk orang yang memiliki risiko penyakit jantung koroner, asupan natrium paling banyak adalah 1.500 mg. Anda juga harus sering berolahraga dan menghindari rokok agar tubuh sehat dan jantung tetap terjaga cukup kuat untuk memompa darah selama periode tersebut.