Breaking News

BERAS HITAM SI “FORBIDDEN RICE” YANG KAYA MANFAAT UNTUK KESEHATAN

BERAS HITAM SI "FORBIDDEN RICE" YANG KAYA MANFAAT UNTUK KESEHATAN

Gerbangindonesia.org – BERAS HITAM SI “FORBIDDEN RICE” YANG KAYA MANFAAT UNTUK KESEHATAN. Masih asing dengan beras hitam? Sesuai namanya, beras ini berwarna hitam. Namun, beras hitam bukanlah beras ketan hitam yang selama ini sudah recognizable di masyarakat. Dewasa ini Petani Tulang Bawang telah mulai menanam Beras Hitam ini. Tahun ini Beras Hitam telah ditanam oleh Petani Rawa Pitu, diantaranya Kelompoktani Sumber Rejeki (0,25 Ha), Kelompoktani Sumber Agung (0,25 Ha) dan Kelompoktani Cekatan (0,25 Ha).

Pemasaran Beras Hitam produksi petani ini baru sebatas konsumsi rumah tangga tidak hanya di Wilayah Kabupaten Tulang Bawang, tapi juga sudah merambah Kotamadya Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat, bahkan sampai ke Kabupaten Sorolangun Provinsi Jambi. Untuk dipasarkan di Super Market masih terkendala pada “Registrasi Produk Segar” yang dikeluarkan oleh Dinas Ketahanan Pangan.

Beras hitam (Oryza sativa L.indica), merupakan jenis beras yang mengandung antosianin dalam aleron yang lebih tinggi dibanding beras putih.

Dahulu beras hitam biasa dikonsumsi sebagai makanan sehat di daerah Cina. Hanya kalangan tertentu saja seperti kalangan bangsawan yang boleh mengkonsumsi beras hitam. Masyarakat biasa tidak boleh mengkonsumsi beras istimewa ini. Oleh karena itu, beras hitam ini disebut juga “beras terlarang” atau “forbiddenrice”.

Ilmuwan menemukan beras hitam memiliki kadar antioksidan berupa antosianin (anthocyanin) yang larut dalam air, kandungan senyawa-seyawa antioksidan yang dalam tubuh berfungsi melindungi sel tubuh dengan mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. Beras hitam ini juga memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari beras biasa dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Iptek present day membuktikan kekayaan beras hitam akan kandungan nutrient, mineral dan antioksidan.

READ ALSO   7 Fakta Tentang Hepatitis yang Perlu Anda Pahami

Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah dan beras putih. Pangan yang belum sepopuler beras putih ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/cancer, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, diabetes mellitus dan mencegah frailty.

Beras hitam memiliki rasa dan smell yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik berdasarkan indeks glikemik. Menurut penelitian dari Yang et al, 2006 indeks glikemik beras hitam jauh lebih rendah daripada beras putih. Indeks glikemik beras hitam adalah sekitar 42,3±9,0, sedangkan indeks glikemik dari beras putih adalah 82,3±3,1.

READ ALSO   Gaya Hidup Sehat Bisa Didapat Tanpa Harus Kuras Dompet

Berdasarkan kelompok tersebut beras hitam termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah dan beras putih termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah akan memperlama rasa kenyang dan mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. bagus untuk penderita diabetes mellitus dan orang yang mengalami gangguan keseimbangan kadar gula darah.

Cara memasak beras hitam

Cara memasak beras hitam sedikit berbeda dengan beras putih. Lakukan compositions perendaman beras sebelum ditanak. Tambahkan air lebih banyak untuk mengaroni atau menanak nasi (jika menggunakan alat masak instan wizardry container).

1. Takaran air lebih banyak dari beras biasa

Beras hitam membutuhkan takaran air 2 kali lebih banyak daripada memasak beras putih. 1 gelas beras hitam memerlukan air sebanyak 3-4 gelas dalam expositions memasaknya hingga menghasilkan nasi yang pulen.

2.Campur dengan sedikit beras putih

Bagi anda yang masih asing dengan rasa beras hitam, bisa menyiasatinya dengan menambahkan sedikit beras putih. Misalnya, 300 gram beras merah ditambahkan dengan 100 gram beras putih ketika memasaknya untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang agak mirip nasi putih.

3. Rendam sebelum dimasak

Rendam beras hitam 30-60 menit sebelum dimasak untuk membantu beras lebih cepat lunak dan matang.

4. Masak dengan cara ditanak

Dengan cara ditanak, nasi yang dihasilkan terasa lebih pulen dan wangi dibandingkan menggunakan rice cooker. Atau bila anda menggunakan rice cooker, tambahkan waktu memasaknya karena beras hitam lebih lama matang dibandingkan beras biasa.

READ ALSO   Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Sedih dan Gangguan Mental Depresi

Tips memasak lainnya :375 ml beras hitam, 1 liter air, daun pandan/salam, sedikit garam. Didihkan air, daun salam/pandan, dan garam dalam panci ukuran 2 liter di atas programming interface sedang. Masukkan beras hitam sedikit-demi sedikit, aduk rata beberapa menit. Tutup pancinya rapat, didihkan sampai beras agak lunak dan mekar. Angkat dan saring (sisa air digunakan untuk kaldu sup). Pindahkan ke dalam dandang atau rice cooker. Hasilnya lebih enak jika menanaknya dialasi daun pisang. Tanak sampai matang. Untuk 4 – 5 porsi.

Catatan : bagi pemula, campur 2/3 bagian beras hitam dan 1/3 bagian beras putih. Rebus dulu beras hitam seperti di atas. Begitu beras hitam mulai mekar, masukkan beras putih. Masak terus sampai air hampir habis, lalu ditanak seperti biasa.

Untuk nasi tumis yang lebih gurih, tumis beras dengan 1-2 sdm minyak sayur sebelum direbus). Cara yang lebih praktis untuk menanak nasi hitam, adalah 200 gr beras hitam pecah kulit, dicuci dengan air, tiriskan, masukkan ke dalam sorcery com, tambahakan 450 cc air mendidih lalu tanak. Waktu memasak memang lebih lama dibandingkan dengan beras biasa.

Check Also

5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

Gerbangindonesia.org – 5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman. Apakah Anda dan pasangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.