Air Hujan Itu Bisa Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak, Inilah Penyebabnya

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Setelah sekian lama kondisi cuaca panas, hari ini Senin 18 oktober 2021 hujan deras sirami wilayah Pemalang, tepatnya di Desa Losari, Kecamatan Ampelgading. Ada hal menarik dalam pandangan saya yaitu: seorang Ibu dengan dua anaknya tengah asyik main hujan di gang jalan Desa, padahal dilingkungan sekitar terlihat banyak anak-anak yang tidak berani main hujan, mungkin karena dilarang oleh orang tua mereka.

Ditemui di teras rumahnya, adalah Ibu Farida yang mempunyai tiga anak dari hasil pernikahannya dengan Budi. Saat ditanya mengapa Ibu membiarkan anak-anak bermain di kala hujan, dan apa tidak khawatir dengan kondisi kesehatan anak- anak setelah hujan, dengan nada ceria Farida menjawab, kenapa harus khawatir Mas jawab Farida.

“Dari apa yang saya baca dan saya dengar ternyata air hujan itu tidak buruk dan tidak berbahaya buat anak-anak, bahkan kita semua bisa lihat berapa banyak iklan di televisi juga dibuat dalam kondisi hujan dan kotor(tanah basah), jadi saya rasa air hujan itu aman untuk anak anak, jadi setiap kali ada hujan, diwaktu selepas pagi,siang ataupun sore, saya biarkan anak-anak saya bermain hujan baik dengan kakaknya atau¬† dengan bapaknya”, ucap Faridha. Senin 18/10/2021.

“Waktu lajang dulu saya pernah bekerja di beberapa perusahaan produk susu yang di peruntukkan buat anak-anak ataupun balita, diperusahaan tersebut saya juga mendapat informasi penting perihal hujan buat anak, dari apa yang saya pahami ternyata air hujan ternyata bisa memberi manfaat banyak lho mas buat anak anak, informasi tambahan ini penting sebagai sarana untuk promosi produknya, sekalipun yang terpenting adalah produk knowledgenya”, ungkapnya.

Farida mulai bercerita tentang manfaat air hujan diantaranya adalah:

“Air hujan dapat membuat rambut bersinar karena air hujan memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut. Jadi kalau anak-anak selesai dari bermain hujan-hujanan rambutnya jadi bersinar”, sambungnya.

Selain itu, air hujan juga bisa menstimulasi kemampuan motorik anak, perhatikan anak-anak yang sedang bermain hujan, ia akan bergembira, lari kesana-kemari dengan keinginannya  menggerakkan seluruh tubuhnya untuk melompat dan bahkan melihat sumber hujan turun dari langit dan menadah hujan dengan tangan atau dengan membuka mulutnya.

“Hal tersebut akan menstimulasi kemampuan fisik motorik anak untuk berkembang optimal,dan yang tidak kalah penting bisa merangsang kreativitas serta imajinasi si anak. Ketika bermain hujan biasanya si anak tidak menjadi dirinya, dia bermain dengan apa yang disukai, menyipratkan air, menendang air dalam kubangan kecil sambil tertawa dengan teman bermainnya, dari yang saya tahu air hujan juga bisa menghilangkan racun dalam tubuh, dalam kata lain bisa menghilangkan toxin tubuh”, tambah Faridha.

Semakin sering anak-anak terguyur air hujan tentunya seperti mandi dan menjadikan tubuhnya bersih, dengan demikian tubuhnya akan terbebas debu dan biasanya kalau anak anak-anak sering bermain hujan biasanya malah tidak gampang sakit dan cenderung kebal akan cuaca dingin.

“Ada satu lagi mas, air hujan bisa menguatkan tulang, ini jelas karena air hujan biasanya dingin dan membiasakan anak-anak mandi dengan air dingin itu akan lebih baik”, paparnya.

Wah ternyata Ibu Farida ini banyak ya wawasan pengetahuan tentang air hujan ya?

“Maklumlah mas saya dulu sales produk susu sekaligus pernah jadi agen kesehatan tatkala ada ivent di beberapa supermarket tempat saya ditugaskan”, bebernya.

“Yang terpenting jangan terlalu lama anak-anak dikala bermain hujan 20 sampai 30 menit saja, dan tentunya setelah hujan tetap diberi minum susu, madu atau teh hangat dan makanan tambahan kesukaannya, agar tetap sehat setelah usai bermain hujan”, tutup Farida dalam wawancara singkat kami.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hujan-hujanan bisa membuat tulang semakin kuat, karena ion negatif yang terkandung pada air hujan dipercaya bisa menghasilkan reaksi biokimia, sehingga bisa menetralkan keasaman tubuh dan menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang.

Dinginnya air hujan juga akan menetralkan suhu tubuh dengan baik dan melancarkan sistem peredaran darah, disisi lain ternyata air hujan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian Karin Leder, Departemen Epidemologi, Monash University, bahwa meminum air hujan secara langsung tidak menunjukkan peningkatan risiko penyakit, dibandingkan dengan yang meminum air hujan yang disaring. (Eko B Art)