Breaking News

7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak, Yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak, Yang Perlu Kamu Ketahui

gerbangindonesia.org – 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak, Yang Perlu Kamu Ketahui. Tidak banyak orang tua yang berpikir untuk memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari mereka. Padahal, manfaat rumput laut untuk anak lho, roti. Tak perlu heran, karena tanaman yang termasuk dalam kelompok alga ini memang kaya akan nutrisi penting.

Ada beberapa jenis rumput laut, antara lain Nori, Aonori atau selada laut, rumput laut, Wakame, Dulse, dan Kombu. Warnanya pun beragam, mulai dari hijau, merah, coklat, hingga hitam.

Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang dapat diberikan kepada anak-anak dan dapat diolah dalam bentuk sushi, sup, semur, salad, atau tumisan.

Kandungan nutrisi rumput laut

Dalam 100 gram rumput laut terdapat sekitar 36 kalori dan berbagai nutrisi penting, yaitu:

  • 5 gram karbohidrat
  • 6 gram protein
  • 0,3 gram serat
  • 70 miligram kalsium
  • 60 miligram fosfor
  • 350 Miligram Kalium
  • 50 miligram natrium
  • 1,8 miligram zat besi
  • 1 miligram seng
  • 40 miligram vitamin C
  • 260 mikrogram vitamin A
READ ALSO   Fungsi Ginjal Manusia dan Penjelasan, Begini Cara Menjaga Kesehatannya

Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan, yodium, folat, vitamin B, vitamin D, vitamin K, omega-3, kolin, mangan, selenium, dan tembaga.

7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Anak, Yang Perlu Kamu Ketahui

Berkat berbagai kandungan gizinya, manfaat rumput laut bagi kesehatan banyak anak, antara lain:

1. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan

Untuk mendukung tumbuh kembang si kecil, pastikan asupan nutrisi hariannya terpenuhi dengan baik. Kuncinya adalah memberinya makanan yang sehat dan bergizi, seperti rumput laut.

Hal ini karena rumput laut mengandung protein, karbohidrat, serta berbagai vitamin dan mineral penting, sehingga konsumsinya dapat mendukung penambahan berat badan anak dan mendukung perkembangan otak.

Padahal, tak hanya itu, roti, kandungan kolin, omega-3, dan protein dalam rumput laut juga baik untuk menunjang kecerdasan anak.

READ ALSO   Penyebab Muntah Busa Putih dan Cara Mengatasinya

2. Meningkatkan fungsi tiroid

Tiroid memiliki peran besar dalam proses metabolisme tubuh dan pertumbuhan anak. Untuk melakukan fungsi ini, kelenjar tiroid membutuhkan yodium. Nah, salah satu sumber yodium alami terbaik adalah rumput laut.

Dengan asupan yodium yang cukup, proses pertumbuhan dan perkembangan kecil Anda akan berjalan lebih lancar, dan juga dapat menghindari hipotiroidisme.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat rumput laut untuk anak selanjutnya adalah untuk menunjang kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut bisa didapat karena rumput laut mengandung serat dan prebiotik.

Serat dapat membantu menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kecil Anda, sekaligus mencegahnya mengalami sembelit. Sementara itu, prebiotik berguna untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik di usus.

4. Mencegah obesitas

Jika selama ini bayi Anda suka mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, fast food, atau camilan instan, mulai sekarang Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan pilihan yang lebih sehat, seperti rumput laut, buah, dan sayuran.

READ ALSO   6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Rumput laut tidak hanya padat nutrisi, tetapi juga rendah kalori. Artinya, konsumsi rumput laut dapat membantu menjaga berat badan ideal anak Anda, sehingga ia terhindar dari obesitas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Rumput laut merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan potasium dan antioksidannya cukup tinggi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Hal ini menjadikan rumput laut bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan fungsi jantung anak.

6. Meningkatkan daya tahan

Kandungan protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam rumput laut bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Dengan mengkonsumsi rumput laut, daya tahan tubuh si kecil bisa lebih kuat, sehingga tidak mudah sakit karena tubuhnya mampu melawan berbagai jenis kuman penyebab penyakit.

7. Memperkuat dan mendukung pertumbuhan tulang

Untuk mencapai tinggi badan yang ideal, anak membutuhkan tulang yang kuat. Untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang kecil Anda, dibutuhkan berbagai nutrisi, seperti kalsium, protein, dan vitamin D.

Check Also

Badan Sakit setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Badan Sakit setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Gerbangindonesia.org - Badan Sakit setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?. Setelah berolahraga, keesokan harinya Anda mungkin bangun dengan rasa nyeri dan pegal hampir di sekujur tubuh. Badan sakit memang bisa jadi salah satu efek yang bisa langsung terasa setelah olahraga. Namun, apakah ini hal yang wajar Anda rasakan? Kenapa badan sakit setelah olahraga? Pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.