7 Cara Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah

7 Cara Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah

gerbangindonesia.org – 7 Cara Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah. Memiliki kulit wajah cerah merona adalah dambaan setiap orang. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang melakukan berbagai jenis perawatan dan menggunakan produk perawatan wajah yang mahal agar kulitnya tampak lebih cerah.

Tidak harus mahal, produk perawatan pencerah wajah dengan kandungan seperti niacinamide (vitamin B3) dapat membantu mempercepat regenerasi sel di permukaan kulit dan mengurangi kerutan.

Cerahkan Wajahmu dengan Cara Berikut

Ada beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang juga cukup efektif, lebih terjangkau, dan relatif aman dibandingkan dengan prosedur kecantikan atau penggunaan produk perawatan kulit tertentu. Berikut beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang bisa kamu lakukan:

1. Cuci muka secara teratur

Wajah yang bersih adalah kunci kulit cerah dan sehat. Rutin cuci muka minimal 2 kali sehari, yaitu malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Saat mencuci muka, usahakan untuk menggunakan sabun yang lembut agar kulit wajah tidak mengalami iritasi.

Tentunya kamu juga disarankan untuk membersihkan wajah setelah berolahraga atau bepergian ke luar rumah untuk menghilangkan bakteri dan keringat berlebih di wajah. Setelah mencuci muka, gunakan pelembap kulit agar tetap lembab dan bercahaya.

READ ALSO   8 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

2. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Agar kulit wajah tampak lebih cerah, konsumsilah lebih banyak makanan yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti:

  • Protein, terutama kolagen
  • Lemak sehat, seperti asam oleat dan omega-3
  • Zinc
  • Berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E
    Antioksidan.

Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada makanan bernutrisi tinggi, seperti kangkung, bayam, rumput laut, ikan, telur, alpukat, dan yogurt.

Agar kulit tetap sehat dan tampak cerah, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan olahan atau makanan yang tinggi gula, lemak, dan radikal bebas. Hindari juga konsumsi alkohol atau kafein berlebihan karena dapat mengeringkan kulit.

3. Lindungi wajahmu dari sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) di siang hari. Pasalnya, intensitas sinar UV paling tinggi terjadi pada pukul 11.00-15.00 sore. Sering terpapar sinar UV dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit, penuaan dini, bahkan risiko kanker kulit.

READ ALSO   7 Makanan yang Bisa Membuat Kulit Kamu Lebih Berminyak

Namun, jangan sampai hal ini menghambat aktivitasmu di siang hari. Gunakan baju lengan panjang, kacamata hitam, dan topi, serta jangan lupa mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Istirahat yang cukup

Tidur adalah proses alami tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas ini bisa bertambah jumlahnya jika tubuh sering stres, terpapar sinar matahari, dan polusi atau asap rokok. Jika kurang tidur, kulit wajah akan terlihat lebih kusam dan memicu munculnya garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Pastikan kamu tidur minimal 7-9 jam sehari dan hindari makan berat atau konsumsi kopi 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Kelola stres

Stres tidak hanya akan membuat kulit menjadi lebih kusam, tetapi juga dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah kulit, seperti jerawat.

Oleh karena itu, kamu perlu mengelola stres untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Mengelola stres dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin berolahraga, melakukan hobi, dan melakukan relaksasi, yoga, atau meditasi.

6. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menjaga kelenturan kulit wajah sehingga kulit tampak cerah dan awet muda. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan seperti jogging secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

READ ALSO   HaloCare, Paket Manfaat Kesehatan Terjangkau dan Fleksibel

7. Gunakan Skincare

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kuman dan paparan zat berbahaya. Selain itu, bahan-bahan alami tersebut juga dipercaya ampuh untuk mengatasi jerawat dan sering digunakan sebagai makeup remover.

Untuk mencerahkan wajah, tentunya kamu bisa mengoleskan minyak zaitun atau lidah buaya secukupnya pada wajah sebelum tidur malam. Pijat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih atau gunakan tisu wajah yang lembut.

Biarkan lapisan tipis minyak kelapa tertinggal di wajahmu semalaman, lalu bilas lagi keesokan harinya.

Selain langkah-langkah di atas, cara mencerahkan wajah secara alami juga bisa dilakukan dengan tidak merokok atau menjauhi paparan asap rokok. Kandungan racun yang terkandung dalam rokok dan asapnya dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, dan cepat rusak.

Mengingat jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum kamu melakukan cara alami mencerahkan wajah di atas.