6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Gerbangindonesia.org – 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang. Buah kecapi memiliki daging buah berwarna putih mirip dengan buah manggis. Buah ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain dikonsumsi langsung, buah kecapi juga sering diolah menjadi manisan buah.

Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang menyegarkan. Buah kecapi mentah biasanya rasanya asam. Namun ketika sudah matang, buah kecapi memiliki rasa yang lebih manis dan sedikit asam.

Manfaat Buah Kecapi

Seperti buah-buahan tropis lainnya, buah kecapi mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat kecapi yang sayang untuk dilewatkan antara lain:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam buah kecapi adalah vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam hal ini, vitamin C dapat meningkatkan fungsi sel darah putih dalam melindungi tubuh dari infeksi, sehingga tidak mudah sakit.

2. Mencegah penyakit kronis

Kandungan vitamin C pada buah kecapi juga berperan penting dalam mencegah penyakit kronis akibat radikal bebas. Selain vitamin C, kandungan tanin dan polifenol juga diketahui mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Namun, hal ini perlu penyelidikan lebih lanjut.

3. Buang air besar lancar

Konsumsi buah kecapi yang sudah masak dipercaya dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan dan buang air besar menjadi lebih lancar.

READ ALSO   7 Makanan yang Bisa Membuat Kulit Kamu Lebih Berminyak

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan serat pada buah kecapi, terutama serat tidak larut juga dinilai baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kadarnya berlebihan, kolesterol jenis ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5. Mengatasi diabetes

Buah kecapi mengandung triterpen. Kandungan ini dipercaya mampu mengatasi diabetes berkat sifat antiradangnya. Selain triterpen, serat pada buah kecapi juga dapat memperlambat penyerapan gula dan mengontrol kadar gula darah sehingga juga dinilai baik dalam mengatasi diabetes.

Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi obat antidiabetes sesuai anjuran dokter.

6. Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan triterpen pada buah kecapi juga memiliki sifat antikanker. Artinya, konsumsi buah ini juga dipercaya bisa meminimalisir risiko terkena kanker.

READ ALSO   5 Manfaat Cuddle dan Pilihan Posisinya yang Paling Nyaman

Meski begitu, banyak penelitian terkait buah kecapi masih sebatas uji laboratorium dan dalam skala kecil. Nah, manfaat buah kecapi untuk mengatasi atau mencegah berbagai penyakit perlu dipastikan melalui uji klinis.

Untuk selalu menjaga kesehatan, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa langkah berikut:

  • Asupan gizi seimbang yang cukup
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Mengontrol atau menjaga berat badan ideal
  • Batasi konsumsi makanan berkalori tinggi, berlemak, dan olahan
  • Mengurangi konsumsi gula dan garam yang tinggi
  • Konsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari
  • Lakukan olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari

Jangan lupa kombinasikan konsumsi buah kecapi dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran, ikan, daging tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.