Breaking News

6 Cara Menanam Jagung Ala Rumahan, Sederhana Juga Hasil Maksimal

gerbangindonesia.org – 6 Cara Menanam Jagung Ala Rumahan, Sederhana Juga Hasil Maksimal. Di Indonesia jagung merupakan komoditi yang memadai berlimpah dibutuhkan sesudah padi. Jagung adalah flora biji-bijian yang berasal berasal dari dataran Amerika dan menyebar hingga ke dataran Asia dan Afrika melalui jalur perdagangan yang ditunaikan oleh bangsa Eropa.

Bersama tersebarnya flora ini, mesti untuk tahu cara menanam jagung supaya dapat dikonsumsi.
Cara menanam jagung juga simple untuk dilaksanakan, sekedar memerlukan pupuk, daerah dan juga biji jagung yang akan ditanam.

Gara-gara rasanya yang manis, jagung dijadikan makanan pokok oleh sebagian tempat di Indonesia layaknya di Madura.

Pas tersebut, cara menanam jagung bukan dapat sembarangan ditanam sebab membutuhkan ilmu dan juga keterampilan spesifik.

Jagung mampu ditanam di dataran rendah yang mempunyai suhu hangat dan juga membutuhkan cahaya matahari penuh. Sebenarnya jagung dapat tumbuh terhadap beragam tipe tanah, asal punyai ketersediaan air dan hara yang memadai.

Cara Menanam Jagung

6 Cara Menanam Jagung Ala Rumahan, Sederhana Juga Hasil Maksimal

1. Tentukan Lokasi dan Sementara Tanamnya

Cara menanam jagung juga dapat dilaksanakan di tempat tinggal bersama menentukan lokasi terlebih dahulu. Menentukan lokasi dan juga sementara taman amat berarti ditunaikan, mengingat jagung memerlukan cahaya matahari segera sehingga dapat tumbuh bersama dengan normal.

READ ALSO   Link Google.com.mm Myanmar Bokeh Terbaru (update)

Daerah yang cocok untuk menanam jagung adalah area bersama curah hujan 85–200 mm per bulan, suhu udara 23-27 °c dan ph tanah 5,6-7,5.

Dilansir berasal dari laman Agri Tani, style tanah tidak tidak benar satu faktor yang signifikan, akan tapi aerasi baik juga ketersediaan air memenuhi merupakan hal yang vital.

Untuk menghasilkan jagung yang berkualitas, mesti didalam memilih kebun yang terbuka. Daerah yang nisbi bebas berasal dari gulma atau rumput liar, akan mengakibatkan flora jagung terlalu sulit bersaing supaya tumbuh bersama dengan tumbuhan liar.

2. Siapkan Alat dan Pilih Benih yang Tepat

Cara menanam jagung yang dapat dilaksanakan juga, bersama dengan menyiapkan alat dan memilih benih yang tepat. Kala ini tak terhitung sekali model jagung yang dijual, oleh dikarenakan tersebut sesuaikan benih jagung bersama dengan iklim dan type tanah.

Tersedia sebagian model jagung menyukai tanah yang lebih hangat/dingin juga taraf PH tanah yang berbeda.jagung manis mampu jadi pilihan, sebab biasanya direbus atau diolah jadi makanan lain.

Jagung manis juga dikenal miliki biji yang berwarna kuning keemasan dan juga terang dan manis rasanya. Jagung manis adalah tipe jagung yang paling populer ditanam di kebun tempat tinggal.

READ ALSO   7 Daftar Peluang Bisnis Online Rumahan Gratis Tanpa Modal

Sesudah beroleh benih yang tepat, jangan lupa supaya menyiapkan alat dan bahan untuk menanam.

Dikarenakan akan menanam terhadap huma skala kecil, alat dan bahan pun tergolong simple.

– Media tanam: tanah, sekam bakar dan pupuk kandang
– Polybag bersama diameter 15 cm
– Pot atau kaleng bekas cat 25 kg

Cara Menanam Jagung di Pot

3. Menanam Benih

Sesudah memastikan benih jagung yang tepat juga sediakan alat dan bahan, cara menanam jagung pada akhirnya adalah menanam benih.

Siapkan polybag atau pot berukuran 15 cm dan isi bersama dengan media tanam tanah, sekam bakar juga pupuk kandang bersama dengan perbandingan 1:1:1. Isi tiap polybag bersama 2 benih jagung.

Lalu tutup polybag bersama sedikit media tanam. Siram bersama dengan sedikit air.
Tempatkan polybag di daerah terbuka untuk beroleh sinar matahari secara segera.

Siram 3 kali sehari dan benih akan mulai berkecambah terhadap hari kelima dan ketujuh. Benih akan siap dipindahkan ke pot yang lebih besar kala udah tumbuh batang dan daun yang lebar.

4. Pindahkan ke Pot

Sehabis kira-kira 25 hari dan benih telah membentuk batang juga daun, anda sanggup mulai memindahkannya ke pot yang lebih besar. Masukkan media tanam bersama perbandingan yang mirip layaknya di polybag, sesudah tersebut pindahkan satu benih jagung terhadap satu pot.

READ ALSO   7 Jenis Tanaman Yang Cepat Panen Dan Mudah Dibudidayakan

Jangan lupa untuk melubangi pot untuk jalan keluar air, dan juga penyerbukan jagung dibantu oleh angin, gara-gara tersebut yang paling baik adalah menanamnya secara berkelompok. Bersama demikian, serbuk sari punyai kesempatan yang baik untuk berkecambah.

Cara Menanam Jagung sampai Hasil Panen Bagus

5. Jalankan Pemeliharaan

Sesudah proses menanam selesai, wajib untuk laksanakan pemeliharaan supaya memperoleh hasil yang memuaskan.

– Penjarangan, langkah yang satu ini kudu anda melakukan gara-gara hal ini merupakan termin pengontrolan flora.
– Pembumbunan juga merupakan langkah ekskavasi parit antar bedengan. Hal ini ditujukan sehingga flora jagung bukan gampang rebah dan juga jatuh dan membawa dampak jagung lebih kokoh kembali.
– Pemupukan dan pengairan, proses ini terlampau berarti dikarenakan berfaedah untuk menaikkan unsur hara dan kesuburan tanah.
– Pencegahan hama flora, anda bisa melaksanakan penyiangan untuk membersihkan flora berasal dari rumput pengganggu atau flora gulma.

6. Panen Jagung

Sehabis menanam jagung dan lakukan pemeliharaan, maka hasil yang akan diperoleh adalah Panen. Panen merupakan hal yang paling dinantikan oleh siapa pun yang menanam.

Sesudah panen anda juga memerlukan kesibukan pascapanen layaknya mengupas kulit jagung sebelum anda jual atau anda olah. Anda juga mampu menjadikan biji sebagai indikator.

Check Also

Cara Media Tanam Aglaonema Tidak Boleh Sembarangan

Cara Media Tanam Aglaonema Tidak Boleh Sembarangan

Gerbangindonesia.org - Cara Media Tanam Aglaonema Tidak Boleh Sembarangan. Media tanam menjadi salah satu kunci keberhasilan ketika Anda ingin merawat si cantik aglaonema. Tanaman hias ini bisa mati bila media yang dipilih kurang pas. Saat ini sudah tersedia media tanam kemasan khusus untuk aglaonema. Meskipun, selama ini pehobi lebih sering membuat media tanam aglaonema sendiri. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.