5 Tips Mengatasi Stres Mahasiswa Akhir Saat Mengerjakan Skripsi

5 Tips Mengatasi Stres Mahasiswa Akhir Yang Mengerjakan Skripsi

gerbangindonesia.org – 5 Tips Mengatasi Stres Mahasiswa Akhir Saat Mengerjakan Skripsi. Skripsi merupakan salah satu hal yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa agar dapat lulus dan memperoleh gelar. Namun, mengerjakan skripsi bukanlah hal yang mudah.

Skripsi seringkali dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Banyak senior yang mengalami stres saat mengerjakan skripsi.

5 Tips Mengatasi Stres Saat Mengerjakan Skripsi

Stres mengerjakan skripsi tentu akan menghambat prosesnya. Oleh karena itu, mengelola stres saat mengerjakan skripsi sangatlah penting. Bagi Anda mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengalami stres akibat skripsi, Anda bisa mencoba beberapa tips mengatasi stres berikut ini.

1. Kelola Waktu Dengan Baik

Saat mengerjakan skripsi, kelola waktu dengan baik. Skripsi memang tidak memiliki tenggat waktu yang jelas karena Anda menetapkan target penyelesaiannya, namun bukan berarti Anda asal-asalan dan menunda-nunda untuk menyelesaikannya.

Jika Anda terus menunda-nunda mengerjakan skripsi, Anda akan kewalahan saat mendekati target waktu yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Hal ini tentu saja akan membuat Anda semakin stres. Agar skripsi anda dapat terselesaikan sesuai dengan tujuan yang telah anda tetapkan sendiri, buatlah program pengerjaan skripsi secara detail dan terstruktur.

READ ALSO   Tips Aman Bertransaksi dengan Kode QR

Tetapkan tujuan harian, mingguan, dan bulanan untuk apa yang perlu dilakukan. Setelah Anda selesai membuat jadwal pengerjaan skripsi, lakukan semua yang tertulis di jadwal tersebut secara konsisten.

2. mulai bekerja lebih awal

Saat Anda mengerjakan tesis, pernahkah Anda menulis beberapa kalimat dan menghapusnya lagi karena Anda pikir itu tidak cocok dan Anda terus melakukannya sehingga tesis Anda membeku, tanpa kemajuan?

Saat mengerjakan skripsi, mulailah menulis apa yang terlintas dalam pikiran terlebih dahulu. Jangan mengoreksi saat Anda menulis karena dapat menghambat proses Anda dalam pekerjaan tesis Anda nanti. Menjadi terlalu perfeksionis akan mudah membuat Anda stres saat mengerjakan skripsi. Anda dapat memperbaikinya setelah selesai mengetik.

3. Luangkan Waktu Untuk Istirahat

Dengan alasan ingin cepat menyelesaikan skripsi, mahasiswa tingkat akhir kerap melalaikan jam istirahat. Mereka juga sering begadang karena terlalu fokus mengerjakan skripsi. Ini benar-benar akan membuat stres karena kurang tidur.

READ ALSO   Multiverse Is: Understanding, Levels, Theory, and Formation of the Universe

Untuk itu, kamu harus pandai membagi waktu antara mengerjakan skripsi dan waktu tidur juga. Daripada mengerjakan skripsi sekaligus, kamu bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit tapi rutin setiap hari agar tidak mengganggu tidurmu.

Gunakan juga waktu luang Anda untuk melakukan hal-hal menyenangkan seperti olahraga, nonton film, jalan-jalan bersama teman, atau jalan-jalan bersama orang-orang tersayang. Dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, otak Anda akan mengeluarkan hormon kebahagiaan untuk membuat Anda lebih bersemangat dan produktif saat mengerjakan skripsi.

4. Hindari pikiran negatif

Tahukah kamu bahwa cara kamu memikirkan sesuatu dapat memengaruhi tingkat stresmu? Untuk itu, salah satu cara mengatasi stres saat menulis skripsi adalah dengan menghindari pikiran negatif dan berusaha berpikir positif dan optimis.

Cobalah untuk menjadi orang yang optimis dan berpikir positif bahwa Anda dapat memperbaikinya. Jika Anda terbiasa berpikir positif dan bersikap optimis, maka otak Anda akan merespon dengan perasaan bahagia sehingga Anda terhindar dari stres.

READ ALSO   Alasan Makanan yang Dipanggang Lebih Sehat daripada Digoreng

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk tetap optimis dan berpikir positif. Cara pertama adalah dengan menulis kata-kata motivasi di buku Anda atau memasang poster berisi kata-kata motivasi positif di dinding kamar tidur Anda.

Anda juga dapat memasang wallpaper dengan kata-kata motivasi di ponsel Anda. Selain itu, saat istirahat, Anda dapat memainkan lagu dengan melodi dan lirik yang membuat Anda bersemangat. Anda juga dapat menonton film inspiratif untuk memotivasi Anda.

5. Jangan berpikir bahwa skripsi adalah sebuah kompetisi.

Tesis bukanlah kompetisi antara Anda dan teman Anda. Saat kamu melihat teman-temanmu yang sudah selesai mengerjakan skripsi, mungkin itu akan memotivasimu untuk segera menyelesaikan skripsi. Namun jangan remehkan fakta bahwa hal ini justru akan menjadi beban pikiran Anda.

Ingatlah bahwa skripsi bukanlah kompetisi antara Anda dan teman Anda, tetapi antara Anda dan diri Anda sendiri. Jadi tetaplah fokus pada diri sendiri, lawan rasa malas dan teruslah memotivasi diri untuk menyelesaikan skripsi.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi stres saat menulis skripsi. Kami harap informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Semangat ya.