5 Fakta Menarik Kota Jakarta

5 Fakta Menarik Kota Jakarta

Gerbangindonesia.org – 5 Fakta Menarik Kota Jakarta. adalah salah satu Kota Metropolitan dengan tingkat kesibukan yang tinggi dibandingkan kota di negara kawasan Asia Tenggara lainnya. Kota DKI Jakarta dihuni oleh sekitar 15.586.000 penduduk, dengan luas hampir sama dengan Singapura yakni seluas 661,5 kilometer persegi. Tepat pada hari ini 22 Juni 2022 yang merupakan momen perayaan ulang tahun Jakarta ke-495 Mister mau mengulas beberapa fakta menarik kota Jakarta. Apa aja sih fakta-faktanya? Nah, yuk kita bahas.

Memiliki Stadion Terbesar ke-7 di Dunia

Memiliki Stadion Terbesar ke-7 di Dunia

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah stadion berstandar internasional yang ada di Jakarta dan terletak di jantung kota Jakarta, tepatnya Jalan Pintu Senayan, Kecamatan tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Lokasi stadion terbesar di Indonesia ini menduduki peringkat 7 di dunia dengan kapasitasnya melebihi 88 ribu orang dengan luas mencapai lebih dari 65 meter persegi.

READ ALSO   Ini Kronologis Terduga Pelaku Tega Mencabuli Anak Kandungnya Hingga Hamil di Bulukumba

Pusat Grosir Terbesar Se-Asia Tenggara

Pusat Grosir Terbesar Se-Asia Tenggara

Siapa yang tidak tahu Pusat Grosir Tanah Abang? Pusat grosir yang terkenal ini berada di kawasan Jakarta Pusat ini adalah salah satu pusat grosir terbesar di Asia tenggara. Kawasan belanja ini dibangun pada 30 Agustus 1735 oleh tuan tanah Yustinus Vinck, Pasar Tanah Abang dulunya hanya buka setiap Sabtu. Seiring waktu berlalu, Pasar Tanah Abang menjelma menjadi pusat grosir yang present day, dan mempunyai sedikitnya 10.000 kios yang berjualan.

Jakarta sudah 15 Kali Ganti Nama

Jakarta sudah 15 Kali Ganti Nama

Jika dihitung dari tahun 1527, Jakarta sudah 13 kali kota ini berganti nama. Awalnya pada 22 Juni 1527 Jakarta dinamakan Jayakarta. Nama berganti lagi menjadi Stad Batavia pada 1621, Gemeente Batavia (1905), Stad Gemeente Batavia (8 Januari 1953), Jakarta Toko Betsu Shi ketika berada di bawah penjajahan jepang tahun 1945.

READ ALSO   @Jacquelineguzman viral TikTok, Wikipedia, Actress fired over viral TikTok

Pada Februari 1950 Jakarta kembali dengan nama Stad Gemeente Batavia, kemudian berganti menjadi Kota Praj’a Jakarta (24 Maret 1950), Kota Praja Djakarta Raya (18 Januari 1958), Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (1961), Jakarta (1964), dan sejak 1999 hingga sekarang masyarakat mengenalnya sebagai Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kota dengan Jumlah Pencakar Langit Terbanyak

Kota dengan Jumlah Pencakar Langit Terbanyak

DKI Jakarta menduduki peringkat ke-14 dalam daftar kota dengan gedung pencakar langit terbanyak pada kategori gedung setinggi lebih dari 150 meter. Ada sebanyak 91 gedung yang mengalahkan Kuala Lumpur, Mumbai, Seoul, London, dan kota besar lainnya di dunia. Sementara itu, Jakarta juga memiliki 40 gedung dengan tinggi lebih dari 200 meter.

READ ALSO   Update Link Video Bokeh Museum Internet 2022 Update Terbaru Facebook Video

Kaya akan Museum

Kaya akan Museum

Tidak hanya gedung tinggi saja yang banyak ditemui di Jakarta, tapi Aladiners juga bisa menemui cukup banyak exhibition hall bersejarah. Exhibition hall tersebut tersebar di berbagai penjuru di Kota Jakarta. DKI Jakarta adalah provinsi yang memiliki exhibition hall terbanyak, 64 gallery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *