5 Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit yang Gatal Secara Alami

5 Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit yang Gatal Secara Alami

gerbangindonesia.org – 5 Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit yang Gatal Secara Alami. Munculnya bintik-bintik merah muda diikuti dengan cara gatal-gatal sekarang bukan lagi penyebab ketidaknyamanan, tetapi juga mengganggu penampilan.

Nah, ada banyak cara untuk mengatasi bintik-bintik merah muda pada kulit dan gatal-gatal yang bersih untuk dilakukan. Anda juga dapat menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah.

Bintik-bintik merah dan gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk pori-pori dan kulit kering, eksim, gigitan serangga, kurap, jerawat, atau bekas luka. Keadaan ini juga dapat dipicu melalui sarana kondisi ilmiah yang positif, termasuk cacar air, herpes, atau bahkan gangguan ginjal.

Karena penyebabnya berbeda-beda, pori-pori dan kulit gatal dan merah muda perlu ditangani sesuai dengan faktor pemicunya. Namun, untuk mengurangi rasa gatal dan ruam yang mengkhawatirkan, strategi berikut memungkinkan Anda untuk mengatasinya.

5 Cara Mengobati Bintik Merah

Berbagai cara untuk mengatasi bintik merah muda pada pori-pori dan kulit diikuti dengan cara cara gatal-gatal secara alami
Meski terasa gatal, kini Anda disarankan untuk tidak lagi menggaruk bintik-bintik merah muda yang tampak karena dapat menyebabkan kontaminasi. Untuk mengurangi gatal dan bintik-bintik merah muda, Anda dapat mencoba pendekatan mudah berikut:

READ ALSO   Manfaat Daun Selada Merah untuk Kesehatan, BisaTurunkan Tekanan Darah

1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai pelembab pori-pori dan kulit. Minyak ini berlebihan dalam lemak jenuh dan memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak kelapa tepat untuk mengobati gejala eksim, mempercepat pemulihan luka teenybopper, dan mengobati pori-pori dan kulit kering dan bersisik.
Cara pengaplikasiannya pun jauh cukup bersih.

Sebaiknya gunakan minyak kelapa pada kulit dengan bintik-bintik merah muda diikuti dengan cara gatal-gatal secara teratur. Pilih minyak kelapa murni karena kandungan antioksidan dan antimikroba di dalamnya masih terjaga.

2. Menggunakan kompres dingin

Salah satu cara mengatasi bintik merah muda disertai rasa gatal adalah dengan mengoleskan kompres dingin. Suhu dingin dapat membatasi aliran darah ke daerah yang terinfeksi, yang dapat mengurangi kemerahan dan gatal.

READ ALSO   8 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Untuk melakukan ini, Anda cukup meletakkan es batu di kain, lalu kompres area yang gatal selama 10-15 menit. Langkah ini dapat diulang 3-4 kali sehari.

3. Mandi Menggunakan Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pilihan untuk mengobati bintik merah muda diikuti dengan cara gatal-gatal secara alami. Antioksidan dan anti inflamasi dalam oatmeal dapat meredakan gatal, kering, dan pori-pori serta kulit yang keras.

Cara mengatasi flek merah muda disertai gatal dengan oatmeal adalah dengan mengombinasikan oatmeal yang kewalahan dengan air panas dalam bak mandi atau ember. Selanjutnya, rendam pori-pori dan kulit yang terinfeksi selama 10-15 menit.

Segera gunakan krim pelembab setelah mandi untuk menjaga pori-pori dan kelembapan kulit. Perlu diingat, jangan terlalu lama berendam di air panas karena akan memperparah rasa gatal.

4. Rendam dengan baking soda

Selain untuk memasak dan membersihkan rumah, baking soda juga bisa digunakan untuk mengurangi bintik-bintik merah muda yang diikuti dengan cara gatal-gatal. Beberapa negara penelitian menyatakan bahwa soda kue dapat menghilangkan pori-pori dan sel kulit mati serta mengurangi peradangan.

Cara mengoleskan soda kue untuk meredakan gatal dan bintik merah muda adalah dengan mencampurkan 1-2 cangkir soda kue ke dalam semangkuk air panas, lalu rendam pori-pori yang terinfeksi dan kulit di sekitarnya.

READ ALSO   8 Jenis Obat Diabetes Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Stabil, Yuk Disimak Bro and Sis

5. Menggunakan lidah buaya

Kandungan anti inflamasi, antimikroba, dan antioksidan lidah buaya dipercaya dapat mengatasi bintik-bintik merah muda pada kulit dan diikuti dengan cara gatal. Lidah buaya juga dapat melembabkan dan menyelamatkan Anda dari kontaminasi pori-pori dan kulit.

Untuk menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu pori-pori dan kulit yang akan diolesi lidah buaya. Selanjutnya, oleskan gel bersih dari daging lidah buaya pada pori-pori dan sekitar kulit yang terinfeksi. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya dalam bentuk kemasan yang ekstra realistis.

Perlu diingat bahwa mengobati gatal dan kemerahan pada kulit dengan bahan herbal juga dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi terhadap salah satu komponen di atas, jangan gunakan lagi komponen tersebut untuk meredakan gatal dan bintik merah muda.

Selain itu, beberapa bahan herbal di atas juga ingin diteliti serupa mengenai efektivitas dan perlindungannya untuk mengobati kemerahan dan gatal-gatal akibat penyakit positif.