5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil

5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil

gerbangindonesia.org – 5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil. Cara mengatasi gatal saat hamil sangat penting untuk diketahui ibu hamil. Soalnya, kalau gatal terus digaruk, bisa menyebabkan luka bahkan meningkatkan risiko infeksi, lho.

Rasa gatal sering terjadi selama kehamilan. Biasanya, area tubuh yang paling sering gatal adalah perut, payudara, tangan, dan kaki. Ini sebenarnya cukup alami karena peregangan dan peningkatan suplai darah ke kulit selama kehamilan.

Selain itu, gatal saat hamil juga bisa disebabkan oleh kulit kering, pruritus urtikaria papula & plak kehamilan (PUPPP), psoriasis, atau prurigo. Meski jarang, gatal saat hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius, seperti obstetric cholestasis (OC).

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Yang Muncul Saat Hamil

Saat merasa gatal, ibu hamil biasanya tanpa sadar menggaruk area yang gatal, bukan? Menggaruk hanya untuk sementara mengurangi rasa gatal dan justru dapat menimbulkan masalah baru, seperti luka atau infeksi.

Jika ibu hamil mengalaminya, usahakan jangan digaruk ya? Setelah itu, terapkan langkah-langkah berikut untuk mengatasi gatal pada kulit:

1. Gunakan pelembab kulit

Rasa gatal saat hamil seringkali disebabkan oleh kulit yang terlalu kering. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengoleskan pelembab kulit pada area yang gatal. Dengan kulit yang lembab, rasa gatal akan berkurang. Sebisa mungkin gunakan pelembab kulit yang tidak mengandung pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit.

READ ALSO   Gaya Hidup Sehat Bisa Didapat Tanpa Harus Kuras Dompet

Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan lotion atau bedak yang mengandung kalamin untuk membantu meredakan rasa gatal. Namun, jika ibu hamil ragu, konsultasikan dulu ke dokter ya.

2. Gunakan kompres dingin

Daripada menggaruknya, cara yang lebih aman untuk mengurangi rasa gatal adalah dengan mengoleskan sensasi dingin pada kulit. Ini bisa dilakukan dengan mengompres bagian tubuh yang gatal dengan air dingin atau es batu yang dibungkus kain.

3. Kenakan pakaian longgar

Tekanan dan gesekan pakaian terhadap kulit juga sering membuat kulit gatal, bahkan iritasi. Karena itu, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar selama kehamilan. Selain itu, pilihlah pakaian yang berbahan katun, agar keringat ibu hamil bisa terserap dengan baik dan tidak memperparah rasa gatal.

READ ALSO   6 Manfaat Buah Belimbing Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Hindari mandi air panas

Beberapa orang mengira mandi air hangat bisa meredakan gatal. Namun, nyatanya cara ini kurang efektif untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Mandi air hangat justru bisa membuat kulit ibu hamil kering dan gatal.

5. Gunakan pelembab udara

Salah satu cara agar kulit tidak kering dan gatal adalah dengan menggunakan pelembab ruangan. Apalagi jika ibu hamil menggunakan AC atau AC. Alat ini dapat menjaga kelembapan udara, sehingga kulit ibu hamil tidak cepat kering.

Jika berbagai cara di atas belum bisa mengatasi rasa gatal saat hamil yang dirasakan ibu hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya. Apalagi jika gatal semakin parah, menyebar ke seluruh tubuh, atau disertai ruam, benjolan, dan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *