4 Wisata Alam Berau Kaltim Yang Gak Ada Obatnya, Bikin Liburan Makin Berwarna

4 Wisata Alam Berau Kaltim Yang Gak Ada Obatnya, Bikin Liburan Makin Berwarna

gerbangindonesia.org – 4 Wisata Alam Berau Kaltim Yang Gak Ada Obatnya, Bikin Liburan Makin Berwarna. Kalimantan Timur terkenal dengan pemandangan alamnya yang menarik dan menakjubkan. Termasuk Kabupaten Berau, masih banyak tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi saat berwisata di Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Berau Kaltim, Masrani mengatakan, banyak turis dari luar Kaltim yang datang ke Berau untuk berwisata.

4 Wisata Alam Berau Kaltim Yang Gak Ada Obatnya

Terutama setelah epidemi, perluasan pariwisata di wilayah ini menjadi semakin jelas.

Nah, ini dia rekomendasi 4 tempat wisata di Berau Kalimantan Timur yang bisa kamu kunjungi.

1. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku adalah gua pantai terpencil yang airnya jernih dan tenang. Gua Haji Mangku terletak di Pulau Maratua.

READ ALSO   13 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Benar, Perhatikan Ciri-Ciri Fisiknya

Wisatawan juga bisa melihat pemandangan stalaktit yang indah. Daya tarik utama dari goa ini adalah warna airnya yang biru yang sangat indah.

Meski lokasi Gua Haji Mangku tersembunyi dan sempit, Gua Haji Mangku wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Pulau Derawan.

2. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban merupakan salah satu tempat wisata Kabupaten Berau di Kalimantan Timur. Anda bisa melihat keindahan pulau yang menjadi rumah bagi ubur-ubur ini, tepat di Danau Kakaban.

Danau Kakaban juga dikenal sebagai danau purba. Danau ini terbentuk akibat pengangkatan atol atau terumbu karang setinggi 40-60 meter yang terjadi 1-2 juta tahun yang lalu.

READ ALSO   7 Mitos Soal Baterai Smartphone yang Perlu Kamu Tahu

Ada air sungai di dekat cekungan, kemudian mengalir masuk dan menahannya hingga bercampur dengan hujan. Karena itu, air di Danau Kakaban manis.

Menurut Masran, hanya ada tiga jenis Danau Kakaban di dunia. Salah satu yang terbaik ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Berau.

“Karena di laut ada danau langka yang menghadap Selat Makassar dan ada tiga di dunia dan selalu tinggi di daerah Berau, Kalimantan Timur,” jelasnya. Selain air laut yang terperangkap, ada juga hewan yang tidak bisa keluar dari danau, yaitu ubur-ubur. Dengan berdiam diri dalam waktu lama, ubur-ubur fleksibel dan dapat hidup di air sadah.

3. Pulau Derawan

Berikutnya adalah Pulau Derawan yang merupakan objek wisata lain di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pulau ini sungguh indah, banyak terdapat aktivitas wisata air.

Setidaknya ada empat pulau yang terkenal di Pulau Derawan, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Semua pulau ini dapat dikunjungi dengan menyewa perahu dari Pulau Derawan dan di setiap pulau Anda akan memiliki pengalaman liburan yang berbeda.

READ ALSO   Satelit China Ungkap Kehidupan Lain di Luar Bumi

Anda bisa bermalam di penginapan-penginapan di sekitar Pulau Derawan. Hanya ada hotel yang berdiri di atas laut yang jernih, bersih dan indah.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan biota laut yang luar biasa. Dengan karang, ikan yang indah, membuat mereka indah.

4. Cermin Labuan

Belum lagi Labuan Cermin juga menjadi tujuan wisata paling populer di Berau. Seperti namanya, air di sini jernih, seperti kaca. Jadi, pastikan Anda bisa melihat semua yang ada di danau tanpa harus masuk ke dalamnya.

Menariknya, danau ini memiliki dua rasa, air tawar dan air asin. Bukan hanya tidak melihat dasar lingkungan sekitar. Ada pohon yang rimbun, udara yang bersih dan udara yang sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *