4 Game Seru untuk Melatih Kecerdasan Otak, Salah Satunya Catur

4 Game Seru untuk Melatih Kecerdasan Otak, Salah Satunya Catur

gerbangindonesia.org – 4 Game Seru untuk Melatih Kecerdasan Otak. Memiliki jadwal atau menyisihkan waktu untuk latihan fisik dengan pergi ke gym merupakan hal yang lumrah bagi sebagian orang. Namun, pengaturan jadwal untuk melatih kecerdasan otak juga merupakan hal penting yang harus dimasukkan dalam rutinitas sehari-hari, lho.

4 Game Seru untuk Melatih Kecerdasan Otak

Melatih kecerdasan otak tidak hanya harus dilakukan dengan belajar dan menghafal banyak materi sekolah. Melatih kecerdasan otak bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan bermain game seru. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut alasan dan beberapa game seru yang bisa dimainkan untuk melatih kecerdasan otak.

Mengapa Penting untuk Melatih Otak?

Melansir dari healthline.com, Rebecca Marcus, seorang psikoterapis berlisensi di New York, menjelaskan beberapa alasan mengapa bermain game penting untuk melatih otak, di antaranya:

1. Permainan untuk melatih otak dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan daya ingat.

2. Dapat membantu membuat seseorang lebih hadir dalam aktivitas sehari-hari.

3. Meskipun permainan untuk melatih otak tidak dapat mencegah penurunan kognitif dan demensia terkait usia,  penelitian menunjukkan bahwa permainan untuk otak ini dapat memperlambat atau menundanya.

Marcus mengatakan bahwa bermain brain games itu seperti rutin pergi ke gym jika tidak melakukannya selama berbulan-bulan, otot dan kekuatan akan hilang, ini juga berlaku untuk ketajaman otak yang jika tidak pernah dilatih akan mengurangi beberapa fungsinya, salah satunya yang melemah. fokus.

Marcus juga menambahkan bahwa permainan yang dipilih harus bervariasi dan memiliki tingkat kesulitan atau tantangan yang berbeda setiap harinya. “Jika Anda hanya memainkan hal yang sama berulang-ulang, otak menjadi kurang tertantang dan mulai berjalan dengan autopilot,” katanya.

READ ALSO   Event Assassin's Creed Bakal Hadir di PUBG: Battlegrounds dan New State Mobile

Berikut 4 game seru yang bisa dimainkan untuk melatih kecerdasan otak:

1. Sudoku

Sudoku adalah permainan menempatkan angka di kotak kosong yang sudah tersedia. Game ini mengandalkan memori jangka pendek. Mengutip dari verywellmind.com, permainan sudoku yang menggunakan perencanaan dalam proses permainannya dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi jangka pendek. Game ini juga bisa dimainkan baik secara langsung menggunakan kertas dan pensil atau secara online melalui ponsel.

2. Rubik

Rubik’s cube adalah game paling terkenal di dunia sebagai game untuk melatih kecerdasan otak. Dengan memiliki 43 triliun kemungkinan gerakan yang bisa dilakukan pada Rubik’s Cube, game ini disinyalir sangat cocok untuk merangsang otak, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta meningkatkan memori otak saat bermain Rubik’s.

READ ALSO   Mengapa Game Battle Royal Sangat Populer, Yuk Simak Biar Kamu Tau

3. Teka-teki 1000 buah

Salah satu permainan melatih otak yang tidak memerlukan komputer atau ponsel untuk dimainkan adalah teka-teki 1000 keping. Mengutip dari MarthaStewart.com, game yang cocok untuk segala usia ini direkomendasikan oleh Dr. Zavala, Ia mengatakan, “Game ini memungkinkan pemain untuk mengembangkan kesadaran spasial dan keterampilan memecahkan masalah, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.”

4. Catur

Permainan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena sering dimainkan oleh para orang tua untuk mengisi waktu luang. Catur adalah permainan yang penuh dengan strategi dalam proses permainannya. Bermain catur dapat membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 tentang bermain catur sebagai aktivitas melatih otak menunjukkan bahwa salah satu manfaat bermain catur adalah dapat membantu melindungi orang dewasa dan lansia dari demensia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *