4 Cara Mengatasi Bibir Kering, Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Cara Mengatasi Bibir Kering, Yang Perlu Kamu Ketahui

gerbangindonesia.org – 4 Cara Mengatasi Bibir Kering, Yang Perlu Kamu Ketahui. Bibir kering tidak hanya bisa mengganggu penampilan, tapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Untuk mengatasinya, ada cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba, baik melalui perawatan luar maupun dalam.

Berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya, kulit di bibir cenderung sensitif karena tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit yang melindungi kulit dari sinar matahari.

4 Cara Mengatasi Bibir Kering

Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembabkannya. Inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dibandingkan bagian kulit lainnya.

Berbagai Penyebab Bibir Kering

Bibir kering bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari dan faktor lingkungan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Sinar matahari

Bukan hanya kulit tubuh yang harus dilindungi dari sinar matahari, tapi juga bibir. Jika tidak terlindungi, paparan sinar UV dari matahari juga bisa membuat bibir kering bahkan melepuh.

READ ALSO   10 Ways to Live a Healthy, Natural Way to Stay Young, Can Be Done at Home

Kebiasaan menjilat bibir

Saat bibir Anda kering, tanpa sadar Anda akan menjilat bibir Anda dengan maksud untuk membasahinya agar tidak mengering. Padahal, kebiasaan ini justru membuat bibir semakin kering.

Hal ini karena kandungan enzim dalam air liur justru bisa menghilangkan kelembapan alami bibir.

Lip balm dengan rasa

Lip balm dengan perasa, seperti stroberi, ceri, atau jeruk, memang memiliki aroma yang menyenangkan. Namun, mengoleskan pelembap dengan penyedap rasa justru bisa membuat bibir Anda menjadi kering, karena bisa memicu Anda untuk membasahi bibir berulang kali, membuatnya kering dan pecah-pecah.

Bahan kimia yang mengiritasi

Beberapa orang bisa mengalami bibir kering saat terkena bahan kimia yang mengiritasi. Iritasi dapat menyebabkan kulit bibir menjadi rusak dan meradang sehingga bibir mudah kering. Bahan-bahan ini biasanya ditemukan dalam pewarna, parfum, atau sabun yang keras.

READ ALSO   Tak Merokok dan Ngopi, Tapi Gigi Jadi Kuning? Ini Penjelasannya

Penggunaan obat-obatan

Konsumsi obat atau suplemen tertentu juga bisa memicu bibir kering dan pecah-pecah, antara lain vitamin A, retinoid, lithium, kortikosteroid, dan obat kanker.

Kebiasaan menggigit benda logam

Beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit penjepit kertas, jepit rambut, sedotan besi, dan perhiasan logam. Nah, jika Anda salah satunya, coba hentikan kebiasaan tersebut, karena bisa memperburuk kondisi bibir kering.

Selain hal-hal di atas, kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan bibir kering, seperti dehidrasi, kekurangan zat besi dan vitamin B, infeksi, kondisi autoimun, dan alergi.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat yang meliputi:

1. Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih

Kebutuhan cairan yang cukup sangat penting untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau dehidrasi. Kondisi ini dapat ditandai dengan berbagai gejala dan salah satunya adalah bibir kering. Nah, dengan minum air putih secara rutin, Anda akan terhindar dari bibir kering.

READ ALSO   Badan Sakit setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

2. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan iritasi pada tepi bibir (angular cheilitis). Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B, seperti telur, daging, ikan, tempe, tahu, sayuran berdaun hijau, dan beras merah, dapat mengatasi bibir kering Anda.

3. Gunakan lipbalm

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga tidak dapat melembabkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan lip balm setiap hari, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah. Gunakan lip balm dengan SPF untuk mencegah bibir pecah-pecah akibat paparan sinar matahari

Anda juga bisa menggunakan lip balm yang mengandung minyak bumi, cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lilin lebah. Selain itu, pilihlah lip balm tanpa pewangi dan perasa.

4. Jaga agar udara tetap lembab

Udara kering merupakan salah satu penyebab bibir kering. Jika udara di sekitar Anda terasa kering sehingga menyebabkan kulit dan bibir kering, Anda bisa mencoba menggunakan humidifier atau pelembab udara untuk menjaga kelembapan udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *