Breaking News

11 Cara Efektif dan Mematikan Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

11 Cara Efektif dan Mematikan Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

gerbangindonesia.org – 11 Cara Efektif dan Mematikan Membasmi Rayap Kayu Secara Alami. Membasmi rayap kayu secara alami penting dilakukan mengingat rayap merupakan jenis hewan perusak. Rayap suka merusak apa saja yang terbuat dari kayu, baik itu furnitur, pintu, dan lain-lain. Selain kayu, rayap ternyata bisa merusak buku hingga pakaian.

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang mematikan rayap. Seperti garam, sabun, aromaterapi, dan lain-lain.

11 Cara Efektif dan Mematikan Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

Cara menghilangkan rayap kayu selanjutnya secara alami adalah dengan menjaga agar area rumah atau ruangan tidak lembab dan gelap. Ini karena rayap sangat menyukai tempat seperti itu. Coba perbaiki bagian rumah atau bangunan yang rusak. Begitu juga mencegah adanya genangan air yang memicu kelembapan di dalam ruangan.

Berikut dibawah ini 11 Cara Menghilangkan Rayap Kayu Secara Alami mari simak terus penjelasannya dibawah

1. Asam Borat

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan mencoba menggunakan asam borat. Amalkan cara alami menghilangkan rayap kayu ini dengan membuat larutan serbuk boraks dan air, lalu menyemprotkannya pada area yang terkena.

Ini adalah cara alami untuk membasmi rayap kayu karena diketahui tidak beracun, tetapi cara ini dapat memastikan rayap di lemari dan perabotan kayu lainnya menghilang setelah beberapa kali aplikasi. Jika perlu, gabungkan metode ini dengan perangkap kardus untuk hasil yang lebih baik.

READ ALSO   Kisah Petani Kopi, Burung Punglor, dan Mistis Spiritual Bali di Batas Wallacea

2. Nematoda Parasit

Cara alami membasmi rayap kayu adalah dengan menggunakan parasit nematoda. Mendapatkan obat anti rayap ini bisa dibeli di peternak lokal atau online melalui toko online atau marketplace. Nematoda parasit ini merupakan cara alami untuk membasmi rayap kayu berupa cacing kecil yang menggali larva rayap dan membunuhnya dalam waktu dua hari.

3. Karton

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan mengandalkan kardus. Mengapa ini mungkin? Karton dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan rayap kayu karena terbuat dari selulosa dan memiliki bau kayu yang tidak dapat dilawan rayap.

Mulailah cara menghilangkan rayap kayu secara alami dengan membasahi kardus dengan air. Tujuannya agar baunya lebih jernih dan letakkan di dekat area yang terkena rayap. Kemudian rayap akan keluar ke kotak kardus yang terbuka dan membuangnya.

4. Sinar matahari

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan meletakkan kayu atau bahan berbahan dasar kayu di tempat yang cukup mendapat sinar matahari. Hal ini karena rayap tumbuh subur dalam kondisi lembab dan gelap.

Jika Anda terus-menerus diserang rayap, cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menjemur furnitur atau barang-barang kayu di bawah sinar matahari selama 2-3 hari berturut-turut.

5. Perbaiki Kebocoran

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan memperbaiki kebocoran yang terjadi di dalam rumah. Hal ini karena rayap dapat berkembang biak di tempat yang lembab. Menjaga kelembapan di rumah Anda dengan benar akan membantu mencegah rayap tumbuh dan juga membasminya.

READ ALSO   9 Cara Memelihara Kelinci bagi Pemula, Butuh Perhatian Khusus

Menurut Urban Company, atap atau dinding yang rusak bisa menjadi rumah yang sempurna bagi rayap. Cobalah cara menghilangkan rayap kayu secara alami dengan cara memperbaiki dan menutup kebocoran, melakukan pemeriksaan secara rutin terutama di basement atau sudut-sudut rumah yang kotor.

6. Larutan Air Garam

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan larutan air garam. Mengapa ini harus dicoba? Rayap sangat tidak menyukai garam, jadi air dan campuran garam yang banyak akan efektif melawan rayap.

Campurkan garam dan air bersih ke dalam wadah, cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan memastikan airnya benar-benar asin. Setelah larutan tercampur dan garam larut, cara menghilangkan rayap kayu secara alami masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot.

7. Aromaterapi

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan aromaterapi yang tidak disukai rayap. Spesies yang tidak disukai rayap adalah jeruk, lavender, dan kayu putih. Oleskan ke sudut atau ruang kayu untuk mencegah rayap kembali.

8. Solar

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan solar. Hal ini dikarenakan solar dikenal sebagai bahan yang dapat membuat kayu lebih awet, termasuk melindunginya dari rayap.

Dalam prakteknya, sebelum kayu digunakan sebagai karya seni atau bahan bangunan, kayu akan dilapisi dengan solar, kemudian dibiarkan selama beberapa hari. Setelah cukup meresap dan melapisi semua bagian kayu, baru setelah itu kayu yang sudah diberi lapisan solar siap digunakan.

READ ALSO   Layanan Unik Bandara di Jepang, Penumpang Akan Disambut Anjing Shiba Inu

9. Merendam Kayu di Sungai

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan merendamnya di sungai. Mengapa ini berhasil? Metode ini umumnya dikenal sebagai fermentasi rantai. Fermentasi ini akan menghasilkan asam organik, gas, dan alkohol yang akan menurunkan kadar air dalam kayu.

Cara alami membasmi rayap kayu ini dinilai efektif karena airnya berkurang, sehingga kandungan pati kayu sebagai sumber makanan rayap berkurang. Itulah mengapa cara alami membasmi rayap kayu ini efektif, karena minat serangga perusak seperti rayap untuk memakan kayu berkurang.

10. Kamper

Bagaimana caranya? Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan kapur barus. Kamper mengandung naftalena yang menjadikannya cara alami yang ampuh untuk membasmi rayap kayu. Rayap tidak suka baunya.

Cobalah cara alami menghilangkan rayap kayu dengan menempatkan kapur barus di sudut-sudut rumah Anda atau pada furnitur kayu yang sangat rentan rayap. Maka dengan sendirinya rayap akan menghindari area tersebut dan cara alami menghilangkan rayap kayu ini berhasil.

11. Air Sabun

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami adalah dengan menggunakan air sabun. Coba campur sabun dan air. Mengapa cara ini dianggap efektif? Air sabun dapat mengiritasi sistem pernapasan rayap.

Inilah mengapa cara alami membasmi rayap kayu dengan sabun akan lebih mudah membunuhnya. Cobalah cara alami menghilangkan rayap kayu dengan melarutkan sabun dan air terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam semprotan air dan semprotkan pada furnitur yang dipenuhi rayap.

Check Also

Inilah Ikan Perusak Ekosistem

Inilah Ikan Perusak Ekosistem

gerbangindonesia.org – Inilah Ikan Perusak Ekosistem. Ikan adalah hewan air. Tetapi Anda harus mengetahuinya, jangan mengabaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.